UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA PRASANGKA DENGAN INTENSI AGRESI PADA ETNIS JAWA TERHADAP ETNIS TIONGHOA

HIDAYAT, RAKHMAD NUR (2012) HUBUNGAN ANTARA PRASANGKA DENGAN INTENSI AGRESI PADA ETNIS JAWA TERHADAP ETNIS TIONGHOA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rakhmadnur-30006-2-babi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rakhmadnur-30006-1-pendahul-n.pdf

Download (602kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Hudaniah, S.Psi., M.Si. (2) Yuni Nurhamida, S.Psi., M.Si. Di Indonesia saat ini telah banyak dijumpai beberapa warga etnis seperti Arab, India, Melayu apalagi warga etnis Tionghoa, mereka seakan sebagian besar telah menjadi warga Indonesia. Kenyataan bahwa sudah banyak warga etnis Tionghoa tidak bisa berbahasa Tionghoa lagi, di samping semakin besarnya jumlah mereka yang menjadi Kristen atau Islam, nampaknya tidak bisa mengubah pandangan umum tentang perbedaan budaya yang besar antara warga etnis Tionghoa dan warga Indonesia lainnya, dari perbedaan tersebut muncul timbulnya tindakan agresif.Sebagai salah satu bentuk gejala kejiwaan, Intensi agresi pastilah mempunyai penyebab tertentu. Dalam peristiwa konflik antar etnis ini, salah satu penyebab dari munculnya perilaku Intensi agresi adalah prasangka dari dua kelompok etnis yang berbeda tersebut. Beberapa bentuk konflik antar etnis Jawa dengan etnis Tionghoa antara lain perkelahian, perkelahian merupakan tindak agresi dari seorang individu ataukelompok.Prasangka menjadi sebab diskriminasi mana kala digunakan sebagai rasionalisasi diskriminasi, yang artinya prasangka yang dimiliki terhadap kelompok tertentu menjadi alasan untuk mendiskriminasikan kelompok tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara prasangka dengan intensi agresi pada etnis Jawa terhadap etnis Tionghoa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan 50 subjek yaitu Siswa SMU Negeri 2 Bojonegoro. Alat ukur yang digunakan adalah skala prasangka dan skala intensi agresi, Dalam penelitian ini jenis data yang digunakan adalah data interval. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis skala yaitu summated rating scale atau skala Likert. Skala likert adalah sejumlah pernyataan positif (favourable) dan negatif (unfavourable). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara prasangka dengan intensi agresi, dimana jika prasangka tinggi maka intensi agresi tinggi begitu juga sebaliknya. Koefisien korelasinya (r) adalah 0.719 adapun koefisien determinan variabel (r2) sebesar 0.517, menunjukkan prasangka mampu menjelaskan intensi agresi sebesar 46% dan sisanya 54% disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.analisis data menunjukkan bahwa tingkat rata-rata prasangka terhadap masyarakat etnis tionghoa pada subjek penelitian ini tergolong pada tingkat yang rendah yaitu 27 orang atau 54% memiliki prasangka yang rendah. Selanjutnya pada variabel intensi agresi didapatkan pula nilai rerata empirik yang berada pada range rendah dalam kategorisasi skala intensi agresi terhadap masyarakat etnis Tionghoa yaitu 28 orang atau 56% memiliki intensi agresi yang rendah, sehingga dinyatakan bahwa ada korelasi yang sangat signifikanantara prasangka dengan intensi agresi pada etnis Jawa terhadap etnis Tionghoa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 11:16
Last Modified: 13 May 2016 11:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29960

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo