UMM Institutional Repository

ANALISA BENTUK DAN DAMPAK PENGABAIAN ORANG TUA PADA ANAK

Subagyo, Novi Christiana Kurniawati (2012) ANALISA BENTUK DAN DAMPAK PENGABAIAN ORANG TUA PADA ANAK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novichrist-30059-2-babi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novichrist-30059-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dra. Siti Suminarti F, M.Si. (2) Ari Firmanto S.Psi. Pengabaian adalah bentuk kegagalan orang tua atau pengasuh dalam memenuhi kebutuhan dasar anak. Pengabaian biasanya terjadi pada anak yang berasal dari keluarga besar, keluarga yang broken home,dan orang tua yang terlalu sibuk bekerja. Anak yang diabaikan adalah anak yang kurang mendapatkan perhatian dari orang tua dari segi fisik, emosi dan pendidikan. Orang tua yang sibuk bekerja, akan kehilangan waktu untuk berinteraksi dengan anaknya. Hal ini menyebabkan hubungan anak dan orang tua kurang dekat. Sehingga akan berdampak pada perkembangan anak. Dampak pengabaian yang terjadi pada anak secara umum akan berpengaruh pada emosi dan pendidikannya. Anak akan lebih tertutup,memendam masalah dan prestasi belajar di sekolah kurang berkembang. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang dengan kriteria sedang mengalami pengabaian atau kurang mendapatkan perhatian dari orang tua, dari segi fisik, emosi dan pendidikan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode wawancara mendalam dan dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan pada subyek anak yang diabaikan dan dikroscek dengan guru pendamping subyek di Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA) Bima Sakti. Sedangkan data dokumentasi berupa identitas dan riwayat hidup subyek peneliti dapatkan dari petugas panti yang berperan sebagai pembimbing subyek. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa anak yang mengalami pengabaian fisik cenderung berat badan di bawah rata-rata usianya, pemenuhan gizi kurang terpenuhi. Sedangkan anak yang mengalami pengabaian pendidikan akan lebih sering membolos sekolah, tidak mengerjakan PR, ramai di kelas dan tidak fokus terhadap pelajaran. Dalam hasil penelitian ini juga dapat terlihat bahwa pengabaian emosi merupakan bentuk pengabaian yang paling berdampak pada masing-masing subyek. Dampak dari pengabaian emosi adalah anak akan cenderung pendiam, tertutup, memendam masalah, merokok, cenderung agresif dan sering melamun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 11:14
Last Modified: 13 May 2016 11:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29959

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo