UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP HEDONIS DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA

HABIBI, M. IDRIS (2012) HUBUNGAN ANTARA GAYA HIDUP HEDONIS DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-midrishabi-30060-2-babi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-midrishabi-30060-1-pendahul-n.pdf

Download (884kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Dr. Diah Karmiyati M. Si. (2) Ari Firmanto S. Psi Prestasi belajar adalah basil atau taraf kemampuan yang telah dicapai siswa setalah mengikuti prows belajar mengajar dalam waktu tertentu baik berupa perubahan tingkah laku, ketrampilan dan pengetahuan. Prestasi belajar adalah tujuan yang mutlak dicapai bagai setiap individu yang sedang dalam prows baler salah satunya adalah mahasiswa. Mahasiswa adalah orang muda usia, miskin pengalaman. Getol membangun mimpi-mimpi besar, tetapi tak jugs bisa terhindar dari dorongan selera sementara (temporal). Penampilannyapun Bering ambiguous atau mengganda arti. Ada berbagai aktivitas yang banyak diminati oleh mahasiswa di kota Malang, seperti kebiasaan nongkrong/ngopi, jalan jalan, foya-foya, shoping (belanja) dan aktivitas lainnya yang mengarah kepada gaya hidup yang hedonis. gaya hidup hedonis adalah pola hidup yang diidentifikasikan dengan bagaimana orang menghabiskan waktunya untuk bersenang-senang, aktivitasnya diarahkan untuk mencapai kesenangan hidup, perhatiannya ditujukan pada lingkungan diluar rumah dan selalu ingin menjadi pusat perhatian dan tidak segan-segan membeli barang yang mahal. Berdasarkan permasalahan tersebut diatas, penulis memfokuskan penelitian tentang hubungan antara gaya hidup hedonis dengan prestasi belajar pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan subjek 100 orang dengan persyaratan tertentu adalah subjek seorang mahasiswa yang ada di kota Malang. Untuk mengetahui hubungan antara gaya hidup hedonis dengan prestasi belajar maka dilakukan pengukuran menggunakan skala likert untuk gaya hidup hedonis yang terdiri dari 41 item, yang disebarkan pada mahasiswa yang ada di kota Malang. Sedangkan prestasi belajar menggunakan IPK (Indeks Prestasi Belajar). Berdasarkan basil analisis data dapat diketahui bahwa harga r-0,605 dengan peluang kesalahan (p)=0,000 maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara gaya hidup hedonis dengan prestasi belajar mahasiswa di kota Malang yang berarti bahwa apabila mahasiswa memiliki gaya hidup hedonis yang tinggi maka prestasi belajar mahasiswa tersebut akan rendah, dan apabila mahasiswa memiliki gaya hidup hedonis yang rendah maka prestasi belajar mahasiswa tersebut akan menjadi tinggi. Adapun sumbangan efektif gaya hidup hedonis terhadap prestasi belajar sebesar 36,6%, sedangkan sisanya 63,4% di pengaruhi oleh faktor lain seperti, lingkungan/masyarakat, keluarga, fisik, psikis, keadaan kampus, fasilitas pembelajaran, keadaan down pengajar dll, yang juga turut menunjang prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 10:37
Last Modified: 13 May 2016 10:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29958

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo