UMM Institutional Repository

REGULASI EMOSI PADA REMAJA PANTI ASUHAN MUHAJIRIN BALIKPAPAN TIMUR

Umar, Nurul Mahmudah (2012) REGULASI EMOSI PADA REMAJA PANTI ASUHAN MUHAJIRIN BALIKPAPAN TIMUR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulmahmu-30061-2-babi.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurulmahmu-30061-1-pendahul-n.pdf

Download (662kB) | Preview

Abstract

Pembimbing (1) Dra. Siti Suminarti Fasikhah, M.Si. (2) NiÂ’matuzahroh, S.Psi., M.Si. Regulasi emosi penting dilakukan dalam kehidupan karena meregulasi emosi individu dapat menurunkan komponen-komponen pengalaman dan tingkal laku dari emosi-emosi negative sehingga ia memiliki kesiapan untuk melepaskan emosi negative yang disebabkan perilaku. Regulasi emosi mengarah pada serangkaian proses heterogen yang mana emosi itu sendiri di regulasi, selanjutnya regulasi emosi tersebut dapat diwakili oleh 5 kelompok proses yaitu situation selection, situation modification, attentional deployment, cognitive change, dan response modulation (pemilihan situasi, modifikasi situasi, pemanfaatan perhatian, perubahan kognitif, dan modulasi respon. Oleh sebab itu regulasi emosi juga penting dilakukan oleh remaja yang tinggal di panti asuhan.Tujuan dari penelitian ini adalah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana regulasi emosi dan strategi regulasi emosi yang cenderung dipilih serta faktor yang mempengarui regulasi emosi pada remaja panti asuhan ditinjau dari usia dan jenis kelamin. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif Subyek penelitian adalah remaja yang tinggal di panti asuhan Muhajirin Balikpapan yang berjumlah 30 orang dengan rentang usia 13-18 tahun. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan skala regulasi emosi yang terdiri dari 39 item yang dibuat sendiri oleh peneliti.Data penelitian dianalisis dengan menggunakan T-score dan uji Chi Square. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa regulasi emosi remaja panti asuhan Muhajirin dengan kategori tinggi sebesar 53,3% dan 46,7% berada pada kategori rendah dan dengan uji Chi Square yang dilakukan diperoleh hasil 0, 465 tidak significant yang mana ini berarti bahwa tidak ada perbedaan yang significant antara regulasi emosi remaja panti asuhan yang tinggi dan rendah dan strategi regulasi emosi yang cenderung dipilih subyek penelitian adalah pemilihan situasi sebesar 23,3% dan perubahan kognitif sebesar 23,3%, kemudian pemilihan situasi sebesar 20,0% dan modulasi reaksi sebesar 20,0%, dan pemberian perhatian sebesar 13,3%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 10:36
Last Modified: 13 May 2016 10:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29957

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo