UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN KONTROL DIRI PADA PEGAWAI LEMBAGA PEMASYARAKATAN

Ariestya, Marita Murtiani (2012) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN KONTROL DIRI PADA PEGAWAI LEMBAGA PEMASYARAKATAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maritamurt-30064-2-babi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maritamurt-30064-1-pendahul-n.pdf

Download (999kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dra. Djudiyah, M.Si (2) Zainul Anwar, M.Psi Lembaga permasyarakatan sebagai badan hukum yang diharapkan mampu menegakkan aturan-aturan yang berlaku, akan tetapi harapan ini seringkali tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi sekarang ini. Akhir-akhir ini semakin banyak pelanggaran yang justru terjadi di dalam lapas, yang dilakukan oleh pegawai itu sendiri. Jika kecerdasan spiritual dan juga kontrol diri dimiliki oleh semua pegawai dalam lembaga-lembaga pemerintahan baik kantor pemerintahan maupun lembaga hukum lainnya, mungkin akan dapat membantu dalam mengurangi atau bahkan menghilangkan pelanggaran akademis maupun pelanggaran hukum lainnya. Kecerdasan spiritual dibutuhkan untuk dapat memaknai setiap tindakan individu dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, di dalam diri setiap individu memiliki kontrol diri yang mampu mengendalikan atau mengatur individu dalam berperilaku. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kecerdasan spiritual dengan kontrol diri pada pegawai lembaga pemasyarakatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai lembaga pemasyarakatan Klas I Malang yang masih aktif bekerja. Cara pengambilan subyek penelitian memakai teknik total sampling dengan mengambil sampel sebanyak 70 orang pada tanggal 26 Maret – 3 April 2012. Metode pengumpulan data menggunakan skala, yaitu skala kecerdasan spiritual dan skala kontrol diri. Metode analisa data yang digunakan yaitu korelasi product moment yang dibantu dengan program SPSS 13.00 for windows. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi (r) = 0,580 (p) = 0,000 yang artinya ada hubungan positif dan sangat signifikan antara kecerdasan spiritual dengan kontrol diri. Artinya, semakin tinggi kecerdasan spiritual yang dimiliki pegawai lembaga pemasyarakatan maka semakin tinggi pula kontrol diri yang dimilikinya. Sebaliknya bila semakin rendah kecerdasan spiritual yang dimiliki pegawai lembaga pemasyarakatan maka semakin rendah pula kontrol diri yang dimilikinya. Hasil perhitungan koefisien determinan variabel (r^2) diperoleh 0,336 atau 33,6% yang menandakan bahwa kecerdasan spiritual memiliki sumbangan yang efektif terhadap kontrol diri sebesar 33,6% sedangkan sisanya 66,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 10:21
Last Modified: 13 May 2016 10:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29954

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo