UMM Institutional Repository

PERBEDAAN KECERDASAN EMOSI ANTARA KARYAWAN YANG SUDAH MENIKAH DENGAN KARYAWAN YANG BELUM MENIKAH

Adi, Frenky Sulistio (2012) PERBEDAAN KECERDASAN EMOSI ANTARA KARYAWAN YANG SUDAH MENIKAH DENGAN KARYAWAN YANG BELUM MENIKAH. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-frenkysuli-30067-2-babi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-frenkysuli-30067-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Zakarija Achmat, M.Si. (2) M. Sohib, M.Si. Setiap individu memiliki kecerdasan emosi yang berbeda-beda sesuai dengan pengalaman emosi yang diterima dalam kehidupannya. Menikah merupakan salah satu pengalaman yang mampu mmempengaruhi tingkat kecerdasan emosi tiap individu, dimana didalamnya terdapat proses saling memahami, memberi, memotivasi dan juga menerima kekurangan pasangannya. Masing-masing anggota pasangan mampu mengekspresikan emosinya sesuai dengan apa yang diinginkan oleh keduanya. Kecerdasan emosi sangat dibutuhkan oleh seorang karyawan karena dari pekerjaan tingkat bawah sampai posisi eksekutif, faktor satu-satunya yang paling penting bukanlah IQ, pendidikan tinggi, atau keterampilan teknis yang paling penting adalah kecerdasan emosi. Kecerdasan emosi menentukan potensi seseorang untuk mempelajari keterampilan-keterampilan praktis yang didasarkan pada lima unsurnya yaitu kesadaran diri, motivasi, pengaturan diri, empati, dan kecakapan dalam membina hubungan dengan orang lain Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kecerdasan emosi antara karyawan yang sudah menikah dengan karyawan yang belum menikah. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah karyawan Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling dengan pertimbangan bahwa karakteristik sampelnya sudah ditentukan dan diketahui lebih dulu berdasarkan ciri dan sifat populasinya. Karakteristik yang ditentukan yaitu karyawan usia 23 s/d 40 tahun, usia pernikahan minimal berjalan minimal satu tahun dan maksimal sepuluh tahun, karyawan belum menikah, serta pendidikan minimal SMA/sederajat. Sedang instrumen penelitian yang digunakan adalah skala likert, yaitu skala kecerdasan emosi. Uji validitas angket dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas penelitian ini menggunakan teknik Hoyt dan teknik analisa data yang digunakan adalah t-Test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kecerdasan emosi antara karyawan yang sudah menikah dengan karyawan yang belum menikah, dapat diketahui dari nilai t = 6,930 dan p = 0,000. Dapat dilihat pula dari hasil rata-rata karyawan yang sudah menikah (164,475) lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan yang belum menikah (146,60), jadi karyawan yang sudah menikah memiliki kecerdasan emosi yang lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan yang belum menikah. Hal ini berarti bahwa menikah mempunyai sumbangan yang berarti terhadap kecerdasan emosi karyawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 10:09
Last Modified: 13 May 2016 10:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29948

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo