UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI MASA BERAKHIRNYA KONTRAK KERJA

Kusumaningrum, Rayi (2012) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI MASA BERAKHIRNYA KONTRAK KERJA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rayikusuma-30069-2-babi.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rayikusuma-30069-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Zakarija Achmat, S.Psi, M.Si. (2) Yuni Nurhamida, S.Psi, M.Si. Konsep diri akan berpengaruh kepada cara memandang kualitas kemampuan yang ia miliki. Pandangan dan sikap negatif terhadap kualitas kemampuan yang dimiliki mengakibatkan individu memandang seluruh tugas sebagai sesuatu hal yang sulit diselesaikan. Sebaliknya, pandangan positif terhadap kualitas kemampuan yang dimiliki mengakibatkan individu memandang seluruh tugas sebagai suatu hal yang mudah untuk diselesaikan. Dengan adanya konsep diri akan memproduksi kepercayaan diri dan tidak akan merasakan kecemasan jika menghadapi segala permasalahan. Untuk itu konsep diri sangat berperan terhadap munculnya kecemasan yang timbul dari dalam diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan kecemasan dalam menghadapi masa berakhirnya kontrak kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 100 orang, diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dua buah skala yaitu Skala Konsep Diri dan Skala Kecemasan. Skala Konsep Diri terdiri dari 48 item (α=0,964) dan Skala Kecemasan 40 item (α=0,925). Analisis data dilakukan dengan metode analisis Product Moment. Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi r = -0,651 dengan p = 0,000. Hal ini menunjukkan adanya hubungan negatif yang sangat signifikan (p < 0,01) antara variabel X (konsep diri) dan variabel Y (kecemasan dalam menghadapi masa berakhirnya kontrak kerja). Artinya semakin tinggi skor konsep diri maka tingkat kecemasan dalam menghadapi masa berakhirnya kontrak kerja semakin rendah dan sebaliknya apabila skor konsep diri rendah maka tingkat kecemasan dalam menghadapi masa berakhirnya kontrak kerja tinggi. Sumbangan efektif variabel konsep diri pada kecemasan dalam menghadapi masa berakhirnya kontrak kerja adalah sebesar 42,4% yang dilihat dari koefisien determinasi (r2) sebesar 0,424. Hal ini berarti konsep diri menyumbangkan 42,4% terhadap kecemasan dalam menghadapi masa berakhirnya kontrak kerja. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan yang negatif yang antara konsep diri dan kecemasan dalam menghadapi masa berakhirnya kontrak kerja. Hasil tersebut memberikan informasi kepada karyawan kontrak untuk meningkatkan konsep diri terhadap tanda-tanda kecemasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 10:02
Last Modified: 13 May 2016 10:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29938

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo