UMM Institutional Repository

PERBEDAAN KOMITMEN ORGANISASI DITINJAU DARI MASA KERJA KARYAWAN

Hadiyani, Martha Indah (2012) PERBEDAAN KOMITMEN ORGANISASI DITINJAU DARI MASA KERJA KARYAWAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-marthainda-30073-2-babi.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (I) Diah Karmiyati, Dr. M.Si., (II) Tri Muji Ingarianti, M.Psi. Karyawan memiliki peranan yang sangat penting dalam perusahaan. Hasil produksi perusahaan yang memuaskan dan stabil tentunya dipengaruhi komitmen organisasi yang baik. Komitmen organisasi menjadi titik berat dalam perusahaan yang mana akan memutuskan pekerja tetap berada pada organisasi atau tidak. Dewasa ini banyak terjadi pergantian karyawan yang memiliki masa kerja pendek. Masa kerja merupakan kondisi personal yang mempengaruhi komitmen organisasi karyawan. Dengan adanya korelasi antara komitmen organisasi dengan masa kerja, maka menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana perbedaan komitmen organisasi pada karyawan jika ditinjau dari masa kerja yang berbeda – beda. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh bukti empiris untuk menjawab pertanyaan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang betujuan untuk mengetahui Perbedaan Komitmen Organisasi ditinjau dari Masa Kerja Karyawan. Penelitian dilakukan terhadap 90 karyawan Chevron Indonesia di Kota Balikpapan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala Komitmen Organisasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah teknik Chi Squre. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini diperoleh Chi sebesar 32, 959 dengan nilai probabilitas (P) sebesar 0,00 0 < 0,01 yang menunjukkan adanya perbedaan yang sangat signifikan antara komitmen organisasi jika ditinjau dari masa kerja karyawan. Hal ini membuktikan bahwa penelitian pada masa kerja 0 – 6 tahun terdapat 11 orang atau 12,2% % yang memiliki komitmen organisasi yang lemah, 19 orang atau 21,1% memiliki komitmen sedang dan tidak ada atau 0% yang memiliki komitmen organisasi yang kuat. Pada masa kerja 7 – 15 tahun terdapat 2 orang atau 2,2% yang memiliki komitmen organisasi kuat, 25 orang atau 27,8% memiliki komitmen sedang dan sebanyak 3 orang atau 3,3% yang memiliki komitmen organisasi lemah. Sedangkan pada masa kerja > 15 tahun terdapat 12 orang atau 12% yang memiliki komitmen organisasi kuat, 18 orang atau 18% memiliki komitmen sedang dan tidak terdapat seorangpun yang memiliki komitmen organisasi lemah. Melalui rangkuman deskripsi data komitmen organisasi diatas menunjukkan bahwa karyawan Chevron Indonesia Company di Kota Balikpapan dengan masa kerja yang kurang lama yaitu antara 0 hingga 6 tahun memiliki komitmen organisasi lemah. Karyawan dengan masa kerja lama yaitu antara 7 hingga 15 tahun memiliki komitmen organisasi yang sedang, sedangkan karyawan yang memiliki masa kerja sangat lama yaitu lebih dari 15 tahun memiliki komitmen organisasi yang kuat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 09:26
Last Modified: 13 May 2016 09:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29929

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo