UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI INSENTIF DENGAN KONFLIK KERJA KARYAWAN PERUSAHAAN ROTI SALWA TRENGGALEK

Fitriana, Rahayu Yudha (2012) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI INSENTIF DENGAN KONFLIK KERJA KARYAWAN PERUSAHAAN ROTI SALWA TRENGGALEK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahayuyudh-30075-2-babi.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rahayuyudh-30075-1-pendahul-n.pdf

Download (629kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Hudaniah, M.Si, Psi (2) Tri Muji Ingarianti, M.Psi. Berkaitan dengan imbalan setiap perusahaan memiliki aturan main masing-masing dalam pemberian upah kepada karyawannya. Sistem pemberian upah kepada karyawan juga akan mempengaruhi keberhasilan sebuah perusahaan. Bagaimana perusahaan itu memilih cara paling efektif dalam pemberian imbalan/upah kepada karyawannya atas apa yang telah mereka hasilkan untuk perusahaan itu. Salah satunya yaitu dengan penerapan insentif. Penerapan insentif di sebuah perusahaan bisa memunculkan berbagai persepsi di antara para karyawan, ada yang mempersepsikan insentif dengan positif jika karyawan merasa mendapatkan keadilan, dan persepsi negatif muncul jika karyawan merasa tidak mendapat keadilan. Dari persepsi negatif karyawan tentang insentif dapat memicu terjadinya konflik kerja diantara para karyawan. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan antara persepsi insentif dengan konflik kerja karyawan. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami hubungan tentang persepsi insentif dengan konflik kerja pada karyawan Perusahan Roti Salwa Trenggalek Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif non eksperimen. Subyek dari penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian pengepakan Perusahaan Roti Salwa Trenggalek sebanyak 40 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala persepsi insentif dan skala konflik kerja yang diberikan kepada responden secara langsung. Uji validitas penelitian ini menggunakan korelasi product moment, dan uji reliabilitasnya menggunakan alpha cronbach. Sedangkan analisa datanya menggunakan product moment. Dan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif dan sangat signifikan antara persepsi insentif dengan konflik kerja dengan korelasi (r) sebesar -0,509 dan nilai probabilitas kesalahan (p) sebesar 0,001. Hal ini berarti semakin negatif persepsi karyawan tentang insentif yang diberikan oleh Perusahaan Roti Salwa maka semakin kuat konflik kerja mereka. Adapun sumbangan efektif persepsi insentif dengan konflik kerja sebesar 25,9%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 08:05
Last Modified: 13 May 2016 08:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29906

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo