UMM Institutional Repository

PERBEDAAN SELF ESTEEM ANTARA IBU RUMAH TANGGA YANG BEKERJA DENGAN YANG TIDAK BEKERJA

Ananda, Marissa Rizky (2012) PERBEDAAN SELF ESTEEM ANTARA IBU RUMAH TANGGA YANG BEKERJA DENGAN YANG TIDAK BEKERJA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-marissariz-30077-2-babi.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-marissariz-30077-1-pendahul-n.pdf

Download (676kB) | Preview

Abstract

Di bawah bimbingan (1) Dr. Diah Karmiyati, M.Si. (2) Zakarija Achmat, S.Psi, M.Si. Self-esteem ibu rumah tangga yang bekerja dengan yang tidak bekerja adalah komponen evaluatif dari konsep diri yang terdiri dari evaluasi positif dan negatif tentang dirinya. Ibu rumah tangga yang bekerja di suatu perusahaan pasti memiliki wawasan yang luas, memiliki penghasilan sendiri, juga dapat mengembangkan bakat yang ia miliki sehingga sering mendapatkan penghargaan dari orang lain atas apa yang telah ia lakukan dan dapat meningkatkan self-esteem nya sedangkan ibu rumah tangga yang tidak bekerja mungkin sama-sama memiliki wawasan yang luas namun tidak memiliki pengalaman bekerja yang baik seperti ibu rumah tangga yang bekerja di kantoran, ruang lingkup pekerjaannya hanya lingkungan keluarganya saja sehingga peluang penghargaan dari orang lain atas apa yang telah ia lakukan terbilang lebih kecil yang membuat self-esteem nya lebih rendah dari self-esteem ibu rumah tangga yang bekerja di perusahaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah ibu-ibu rumah tangga yang bekerja dan yang tidak bekerja di kota Balikpapan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala Likert. Metode analisa data yang digunakan yaitu teknik t-test yang dibantu dengan program SPSS versi 12.0. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat diketahui bahwa ada perbedaan self-esteem yang sangat signifikan (p=0,000) antara ibu rumah tangga yang bekerja dengan ibu rumah tangga yang tidak bekerja, yaitu ibu rumah tangga yang bekerja memiliki self-esteem lebih tinggi yang ditunjukkan oleh rata-rata (mean) sebesar (x = 118,66) daripada ibu rumah tangga yang tidak bekerja sebesar (x= 98,10). Sehingga hipotesis dapat diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 07:19
Last Modified: 13 May 2016 07:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29904

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo