UMM Institutional Repository

KECEMASAN WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN MENJELANG KEBEBASAN

Fitrianingsih, Kiki (2012) KECEMASAN WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN MENJELANG KEBEBASAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kikifitria-30081-2-babi.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kikifitria-30081-1-pendahul-n.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dra. Cahyaning Suryaningrum, M.Si. (2) Zainul Anwar S.Psi M.Psi Kejahatan merupakan masalah yang cukup kompleks yang setiap waktu dihadapi oleh pihak penegak hukum. Namun hukuman penjara saat ini menganut falsafah pembinaan narapidana yang dikenal dengan nama pemasyarakatan, dan istilah penjara telah diubah menjadi Lembaga Pemasyaraktan Hal ini berarti kebijaksanaan dalam perlakuan mengayomi para warga binaan pemasyarakatan dan memberi bekal hidup narapidana setelah warga binaan pemasyarakatan tersebut kembali kemasyarakat sehingga dapat diterima kembali oleh lingkkungan masyarakat. Namun pada kenyataannya, warga binaan pemasyarakan yang telah bebas dan kembali ke masyarakat, sering kali mendapat perlakuan yang tidak baik dari masyarakat. Mereka banyak mendapat tekanan secara psikologis. Sehingga sering kali hal tersebut memicu kecemasan terhadap para warga binaan yang akan bebas. Kecemasan adalah suatu keadaan apprehensi atau keadaan kekhawatiran yang mengeluhkan bahwa sesuatu yang buruk akan segera terjadi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecemasan warga binaan pemasyarakatan menjelang kebebasan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kua lititatif dengan menggunakan 3 subyek warga binaan pemasyarakatan pemasyarakatan menjelang kebebasan. Metode pengumpulan data wawancara. Analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif, kemudian uji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi yaitu yaitu triangulasi sumber teman dekat subyek serta petugas setempat Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kecemasan warga binaan pemasyarakatan menjelang kebebasan diantara (1) faktor ekonomi yang didominasi oleh perasaan cemas dirinya akan sulit mendapat pekerjaan karena mantan warga binaan pemasyarakatan dan tidak memiliki ketrampilan. Kemudian (2) faktor lingkungan sosial yang didominasi oleh kekhawatiran subyek akan stigma atau pandangan negatif masyarakat tentang mantan warga binaan pemasyarakatan. Selanjutnya (3) pada faktor keluarga terdapat perbedaan penyebab atau alasan mengalami kecemasan, diantaranya mendapat penolakan dari keluarga besar subyek, adanya tuntutan untuk segera mencari nafkah guna menutupi kebutuhan serta hutang keluarga, serta adanya perasaan bingung karena istri dirumah menuntut cerai, sementara subyek masih sangat mencintai istrinya tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 07:13
Last Modified: 13 May 2016 07:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29900

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo