UMM Institutional Repository

PELATIHAN BERPIKIR POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PENDERITA EKS KUSTA

Maula, Rohmatul (2013) PELATIHAN BERPIKIR POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PENDERITA EKS KUSTA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rohmatulma-31117-2-babi.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rohmatulma-31117-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembimbing : (1) Dra. Cahyaning Suryaningrum, M.Si. (2) Zainul Anwar, M.Psi Penyakit kusta disebabkan oleh Mycobacterium Leprae, menyerang saraf perifer, kulit dan organ lain. Penyakit ini dapat menimbulkan kelumpuhan otot, kecacatan menetap berupa mata tak bisa menutup sehingga menimbulkan kebutaan, muncul mati rasa pada telapak tangan, jari memendek atau putus tanpa rasa sakit, serta lunglai pada pergelangan tangan. Dengan kondisi fisik seperti itu, penderita eks kusta merasa tidak mempunyai masa depan yang tidak jelas, tidak berguna, menjijikkan, menarik diri, putus asa, kecewa, kurangnya kepercayaan diri dalam bersosialisasi dan juga rasa takut untuk di terima kembali dilingkungan sekitar. Kurangnya kepercayaan diri pada penderita eks kusta harus segera ditangani karena percaya diri akan muncul apabila individu dapat belajar mengenali diri sendiri dengan mencatat sebanyak mungkin aspek yang dimiliki, serta menerima diri apa adanya adengan segala aspek positif maupun negatif. Oleh karena itu, penulis ingin mengetahui apakah pelatihan berpikir positif dapat meningkatkan kepercayaan diri pada penderita eks kusta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design. Subyek penelitian dalam penelitian ini diambil secara purposif sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan, yakni penderita eks kusta yang mampu menulis dan mampu membaca dan subyek dalam penelitian ini adalah penderita eks kusta yaitu penderita yang sudah tidak aktif lagi bakteri Mycobacterium Leprae yang berada di dalam tubuhnya dengan jumlah delapan belas orang. Subyek dibagi menjadi dua kelompok, yakni 9 kelompok eksperimen dan 9 kelompok kontrol. Untuk mengetahui perkembangan subyek dilakukan pre-test, pelatihan hingga post-test, yang dilakukan dengan memberikan skala kepercayaan diri dan pelatihan yang terbagi menjadi 3 sesi. Dimana sesi 1 sebagai pre-test, sesi 2 pemberian pelatihan berpikir positif, dan sesi 3 sabagai post-test. Analisa data dilakukan dengan uji perbedaan atau t-test untuk mengetahui apakah pelatihan berpikir positif dapat meningkatkan kepercayaan diri pada penderita eks kusta. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa pelatihan berpikir positif tidak dapat meningkatkan kepercayaan diri pada penderita eks kusta. Dengan uji t kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar t = 1,216 pada tingkat signifikansi p = 0,242 yang berarti tingkat signifikansi lebih besar dari 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology (73201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 13 May 2016 07:07
Last Modified: 13 May 2016 07:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29897

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo