UMM Institutional Repository

PROPAGANDA JOMBLO PADA VIDEO KLIP Analisis Semiotik Pada Video Klip " Cari Jodoh "

Ratminto, Basuki (2011) PROPAGANDA JOMBLO PADA VIDEO KLIP Analisis Semiotik Pada Video Klip " Cari Jodoh ". Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-basukiratm-21962-pendahul-n.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-basukiratm-21962-BAB+I.pdf

Download (36kB) | Preview

Abstract

Perubahan secara besar-besaran telah terjadi di Negara-negara berkembang, termasuk Negara Indonesia. Perubahan yang cenderung berdampak sosial, ekonomi, dan politik telah mempengaruhi pola konsumsi masyarakat. Daya konsumsi yang konsumtif ini, gencar dilakukan lewat mass media. Citra dan Bisnis dalam Tayangan Musik Video klip sebagai sebuah bisnis dan cabang kesenian baru. Penggabungan ini berfungsi untuk lebih menjelaskan suatu makna. Sejatinya video klip adalah sarana bagi para produser musik untuk memasarkan grub band. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data analisis semiotik milik Roland Barthes yang dimana beliau juga mengadopsi teori dari Ferdinand deSaussure. Yaitu analisis yang berguna untuk menginterpretasikan sebuah makna dari sebuah tanda, yang dimana pada penelitian ini adalah mencari makna dari visualisasi warna pada video klip "Cari Jodoh" oleh Band Wali. Model analisis dari Barthes ini menyatakan bahwa tanda merupakan susunan atau konstruksi dari lambang - lambang dan pesan tidak hanya mengaitkan dari signifier (bunyi atau coretan bermakna) dan signified (gambaran mental atau konsep dari signifier) saja, tetapi juga perlu memperhatikan susunan dan isi dari lambang itu sendiri. Setelah scene - scene ini diklasifikasikan dan dianalisis, maka dapat kita ketahui makna dari visualisasi warna dalam video klip "Cari Jodoh" oleh Band Wali ini yaitu warna kuning. Ada berbagai arti, diantarannya yang paling menonjol adalah kuning. Warna ini melambangkan kegembiraan dan warna kehidupan, selain warna kuning dalam Video klip "Cari Jodoh" terdapat pula warna hijau. Warna hijau sendiri bermakna, kesuburan, keremajaan, penghargaan, kesegaran, menurut Stevanus Dinar Wikan Setyanto. Maka dari itu, peneliti akan menggali dan mencari tahu apakah fungsi dari visualisasi warna pada video klip tersebut secara subyektif. Apabila penelitian dapat dilaksanakan dengan lancar maka kita dapat mengetahui apakah fungsi dari visualisai warna video klip tersebut dan mengetahui paradigma dan sintagma yang didapatnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 May 2016 02:33
Last Modified: 13 May 2016 02:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29865

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo