UMM Institutional Repository

MANAJEMEN SOCIAL MARKETING BMH BALIKPAPAN SELATAN (Studi pada Yayasan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Balikpapan Selatan)

AZIZAH, DAHLIA NUR (2011) MANAJEMEN SOCIAL MARKETING BMH BALIKPAPAN SELATAN (Studi pada Yayasan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Balikpapan Selatan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dahlianura-21972-PENDAHUL-N.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dahlianura-21972-BAB+I.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

BMH Balikpapan Selatan adalah salah cabang dari BMH yang ada di Indonesia. Berangkat dari keberadaan BMH itu sendiri adalah sebagai penyalur dana bantuan dari para donatur dan diserahkan kepada orang yang mempunyai hak untuk menerima bantuan tersebut (Muzzaki). Keberadaannya tentu tidak hanya menunggu uluran tangan dari donatur dan kemudian menyalurkannya. BMH dituntut untuk mempunyai strategi dalam mempengaruhi calon donatur dan menjalin kerjasama yang baik dengan para mitra zakatnya. Salah satu strategi yang dimiliki adalah strategi social marketing, dimana dalam strategi ini bertujuan untuk suatu perubahan sosial. Bertolak dari peran media organisasi tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana manajemen social marketing BMH Balikpapan Selatan? Media berfungsi sebagai lokasi atau forum yang berperan dalam menampilkan peristiwa-peristiwa kehidupan masyarakat baik yang bertaraf nasional maupun internasional. Media organisasi dapat diartikan sebagai sebuah saluran komunikasi dalam organisasi. Pengelolaan social marketing adalah cara atau usaha penerapan konsep dan atau teori-teori pemasaran dalam proses perubahan sosial. Pemasaran social memperkenalkan gagasan-gagasan sesuai praktik social. Tujuan akhirnya adalah perubahan perilaku. Tipe penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Waktu penelitian ini diadakan pada bulan Januari 2011. Dalam penelitian kualitatif ini peneliti menggunakan teknik Purposif Sampling dan ditemukan dua orang informan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berproses secara induksi, interpretasi dan konseptualisasi. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan maka dalam penelitian yang berjudul Pemanfaatan Media Organisasi Baitul Maal Hidayatullah Balikpapan Selatan Dalam Pengelolaan Social Marketing Perusahaan ini, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Balikpapan memiliki kegiatan pengelolaan Social Marketing yang meliputi Riset and Fact Finding, Planning, Monitoring dan Evaluating. Pada riset and fact finding dilakukan proses identifikasi pasar untuk memilih pasar yang dianggap layak untuk menerima program. Dalam proses ini, peneliti menemukan kekurangan yaitu jumlah armada tim pendayagunaan dan manajemen kinerja tim. Dimana dari tim pendayagunaan ini hanya memiliki jumlah terbatas yaitu 3 orang, selebihnya adalah tim pembantu yang diambil dari divisi lain. Oleh sebab itu sering terjadi adanya bentrok pada jadwal kerja tim pendayagunaan. Untuk planning atau perencanaan terdapat perencanaan program, penetapan sasaran dan penentuan perubahan. Program yang dimiliki oleh BMH Balikpapan ini terdiri dari 4 program besar yaitu program Dakwah, Sosial, Pendidikan dan Ekonomi. Tahap ketiga dalam pengelolaan social marketing adalah actuating. Dalam tahap ini peneliti dapat menilai pelaksanaan dari program yang dimiliki BMH. Program BMH ini memang sudah benar-benar matang dalam pembuatannya. Hal ini menyesuaikan dengan visi misi yang dimiliki oleh BMH itu sendiri. Anggota BMH yang berkecimpung dalam program tersebut juga orang-orang yang mempunyai kredibilitas sesuai dengan program yang dilakukan. Tahap selanjutnya adalah monitoring, dimana tahap ini adalah pemantauan atau controling program berdasarkan hambatan dan manfaat program yang telah dilakukan. Dan tahap yang terakhir adalah evaluating. Pada tahap ini akan dilaksanakan evaluasi dari program dan aktivitas yang lakukan pada saat pengelolaan Social Marketing BMH. Evaluasi ini dilakukan sebagai sebuah cerminan untuk social marketing periode selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 May 2016 02:13
Last Modified: 13 May 2016 02:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29852

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo