UMM Institutional Repository

Dominasi Ras Kaukasoid dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotik pada Iklan Garuda Indonesia Experience)

Sasongko, Lambang Dwi (2011) Dominasi Ras Kaukasoid dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotik pada Iklan Garuda Indonesia Experience). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-lambangdwi-21987-Pendahul-n.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-lambangdwi-21987-BAB+I.pdf

Download (145kB) | Preview

Abstract

Iklan televisi telah menjadi komoditas masyarakat. Kehadirannya bahkan telah menjelma menjadi kekuatan baru yang mampu menyulap khalayak untuk secara suka rela melakukan apa yang diinginkan para produsen dan kreator iklan memerlukan kreatifitas dan ide-ide yang inovatif sehingga karyanya dapat diterima dengan baik oleh komunikan. Salah satu iklan yang berhasil memadukan dampak komersial dan sosial budaya adalah iklan televisi Garuda Indonesia Experience. Hampir di setiap iklan Garuda Indonesia Experience, terlihat jelas bahwa para creator iklan berupaya dengan sungguh-sungguh untuk meramu cita rasa lokal, dengan mengangkat image dan potensi budaya lokal Indonesia. Namun dibalik kemunculan potensi budaya lokal tersebut terdapat fenomena lain yaitu keberadaan tokoh yang berasal dari Ras Kaukasoid yang cukup mendominasi dalam tayangan Iklan Garuda Indonesia yang makna kemunculannya justru mengaburkan keagungan budaya lokal Indonesia. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apa makna tanda yang menujukkan Ras Kaukasoid dalam iklan Garuda Indonesia Experience" Dominasi diartikan sebagai tindakan penguasaan terhadap yang lemah. Dominasi juga dapat dimaknai sebagai tindakan eksploitasi dimana yang memiliki kekuasaan dapat mengeksploitasi mereka yang lemah. Dalam media iklan Dominasi Ras Kaukasoid atau Ras Kulit Putih seringkali dijumpai dalam iklan-iklan produk kosmetik seperti iklan sabun Imperial Leather yang muncul pada sekitar tahun 1884. Iklan sabun mandi pada mulanya merupakan representasi dari kemewahan, sehingga dimaksudkan bagi orang kelas menengah. Iklan sabun juga muncul dan terasialkan bersama keterpesonaan terhadap kulit putih dan ke-putih-an yang juga secara tidak terelakkan berkaitan dengan putih sebagai ras (Aquarini, 2003:37). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif - interpretatif dengan metode semiotik model Barthes, objek penelitian scene yang menampilkan kemunculan tokoh dari Ras Kaukasoid yang bersamaan dengan dimunculkannya tanda-tanda budaya lokal Indonesia. Unit analisis berupa bahasa penampilan (ekspresi dan akting). Kemudian akan diinterpretasikan ke dalam dua tingkatan makna yaitu denotasi dan konotasi. Berdasarkan analisa semiotik yang dilakukan peneliti terhadap unit analisis yang terdapat dalam Iklan Garuda Indonesia Experience peneliti dapat merumuskan kesimpulan. Kesimpulan tersebut adalah menyimpulkan ideologi yang melekat dalam iklan Garuda Indonesia Experience masih meletakkan Ras Kaukasoid pada level-level atas yang lebih dominan. Mitos kehebatan Ras Kaukasoid masih melekat dalam kerangka berfikir mereka sehingga dalam pembuatan karya audio visual berupa iklan sang pembuat lebih menempatkan tokoh-tokoh dari Ras Kaukasoid sebagai unsur yang dominan meskipun dalam iklan yang bertema kebudayaan Indonesia. Peneliti memberikan masukan secara akademis dan saran praktis bagi setiap pihak terkait dan berhubungan dengan karya tulis ini. Saran Akademis, penelitian yang dilakukan hanya sebatas untuk mengungkap makna dominasi ras Kaukasoid dalam Iklan Garuda Indonesia Experience yang kental akan tema budaya lokal Indonesia. Untuk itu sangat diharapkan ada penelitian yang mengungkap lebih dalam tentang iklan Garuda Indonesia Experience dan fenomena-fenomena yang ada dengan analisa model yang lain, sehingga hasil penelitian yang didapat juga lebih berkembang dan maksimal. Saran Praktis, dari hasil penelitian diketahui bahwa iklan tersebut menyimpan makna yang menempatkan kelompok ras kaukasoid sebagai kelompok yang lebih dominan dibandingkan dengan masyarakat lokal Indonesia itu sendiri. Untuk itu diharapkan kepada para creator iklan agar lebih menonjolkan unsur budaya lokal Indonesia itu sendiri daripada unsur-unsur di luar budaya lokal Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 May 2016 02:03
Last Modified: 13 May 2016 02:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29844

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo