UMM Institutional Repository

HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN KEJADIAN EMESIS GRAVIDARUM PADA IBU HAMIL TRISEMESTER I DI RS. SUBANDI JEMBER

FITRIA, RANI (2012) HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN KEJADIAN EMESIS GRAVIDARUM PADA IBU HAMIL TRISEMESTER I DI RS. SUBANDI JEMBER. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--ranifitria-28048-1-pendahul-n.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--ranifitria-28048-2-babi.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Latar belakang Kesehatan wanita merupakan bagian integral suatu bangsa yang dipengaruhi oleh sumber daya manusia yang dipusatkan pada pelayanan kesehatan ibu dan anak yang dilakukan sejak ibu hamil sampai melahirkan. Pada kehamilan trimester pertama perubahan psikologis juga terjadi pada wanita hamil. Salah satu faktor penyebab diantaranya adalah tingkat kecemasan. Emesis dalam keadaan normal tidak banyak menimbulkan efek negative terhadap kehamilan dan janin, hanya saja apabila emesis gravidarum ini berkelanjutan dan berubah menjadi hiperemesis gravidarum yang dapat meningkatkan resiko terjadinya gangguan pada kehamilan. Oleh karena itu kecemasan memiliki hubungan yang sangat mempengaruhi kejadian emesis gravidarum pada ibu hamil trisemester pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah non eksperimen melalui pendekatan korelasional tanpa kelompok kontrol dengan menggunakan uji fisher. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara total sampling. Pengambilan data di peroleh dengan cara memberikan lembar kuisioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya kepada ibu hamil sebagai responden yang ada di wilayah kerja di Rumah Sakit Subandi. Hasil penelitian yang di peroleh menunjukkan bahwa dengan perhitungan uji-fisher diperoleh hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS 16 yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,104, dimana nilai signifikansi tersebut lebih besar dari α = 0,05 sehingga H0 diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara kecemasan dengan emesis gravidarum pada ibu hamil trisemseter pertama diwilayah kerja di Rumah Sakit Subandi. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa tingkat kecemasan pada ibu hamil yang dipengaruhi oleh keadaan psikologi efektif mempengaruhi terjadinya emesis gravidarum atau mual muntah pada kehamilan trisemsester pertama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 12 May 2016 12:16
Last Modified: 12 May 2016 12:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29843

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo