UMM Institutional Repository

ANALISA KORELASI MASA KERJADENGAN GANGGUAN FUNGSI PENDENGARAN PADA TENAGA KERJA BAGIAN St.KETEL PG.KEBON AGUNG MALANG

SASONGKO, ANDRIAN DANIEL JOHNY TRI (2012) ANALISA KORELASI MASA KERJADENGAN GANGGUAN FUNGSI PENDENGARAN PADA TENAGA KERJA BAGIAN St.KETEL PG.KEBON AGUNG MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--andriandan-28176-1-pendahul-n.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--andriandan-28176-2-bab1.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Latar belakang :Kebisingan adalah semua suara yang tidak dikehendaki yang bersumberdari alat-alat proses produksi dan atau alat-alat kerja yang pada tingkat tertentudapat menimbulkan gangguan pendengaran.Pendegaran akibat terpapar suara yang bising atau Noise Induced Hearing Loss (NHL) merupakan salah satu penyakit akibat kerja paling banyak dijumpai diperusahaan. Noise Induced Hearing Loss dalam bahasa Indonesia disebut Tuli Akibat Bising (TAB). TAB adalah suatu kelainan atau gangguan pendengaran berupa penurunan fungsi indera pendengaran akibat terpapar oleh bisingdengan intensitas yang berlebih terus-menerus dalam waktu lama. Hubungan antara kebisingan dengan kemungkinan timbulnya gangguan terhadap kesehatan sangat dipengarui oleh beberapa faktor yaitu intensitas kebisingan dan lamanya seseorang berada di tempat bising atau di tempat bunyi tersebut baik dari hari kehari ataupun untuk seumur hidup. Metode : Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian non eksperimen dengan pendekatan cross sectional.Populasinya adalah tenaga kerja tetap di bagian st.ketel PG.Kebon Agung Malang. Teknik pengambilan menggunakan Total sampling dengan jumlah sampel 36 responden. Cara pengambilan data menggunakan observasi. Analisis uji statistik menggunakan SPSS 16 dengan uji Chi Square dengan taraf signifikasi 0,05. Hasil : Dari uji Chi Square didapatkan hasil P=0,027, makan nilai P<0,05 maka H0 ditolak. Artinya ada korelasi masa kerja dengan gangguan fungsi pendengaran pada tenaga kerja bagian St.Ketel PG.Kebon Agung Malang. Di dapatkan Gambaran masa kerja tenaga kerja pada bagian St.Ketel PG.Kebon Agung Malang mempunyai rata-rata masa kerja 21 tahun, terdapat masa kerja yang paling rendah 8 tahun dan paling tinggi masa kerja 27 tahun, Gambaran fungsi pendengaran terdapat 17 orang (47%) normal,19 orang (53%) mengalami gangguan fungsi pendengaran. Kesimpulan : Ada korelasi masa kerja dengan gangguan fungsi pendengaran pada tenaga kerja bagian st.ketel PG.Kebon Agung Malang. Peneliti berharap pada penelitian selanjutnya menanmbahkan variabel yang mengacu pada factor-faktor penyebab terjadinya fungsi pendengaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 12 May 2016 12:10
Last Modified: 12 May 2016 12:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29841

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo