UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) (Studi Pada Ibu Rumah Tanggadi Desa Sumberrejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang)

ARIS, (2012) IDENTIFIKASI KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) (Studi Pada Ibu Rumah Tanggadi Desa Sumberrejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aris070600-29223-1-pendahul-n.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aris070600-29223-2-babi.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang : Tindak kekerasan di dalam rumah tangga (domestic violence) merupakan jenis kejahatan yang kurang mendapatkan perhatian dan jangkauan hukum. Tindak kekerasan di dalam rumah tangga pada umumnya melibatkan pelaku dan korban diantara anggota keluarga di dalam rumah tangga, sedangkan bentuk tindak kekerasan bisa berupa kekerasan fisik, kekerasan psikologis, kekerasan seksual dan kekerasan ekonomi. Pelaku dan korban tindak kekerasan didalam rumah tangga bisa menimpa siapa saja, tidak dibatasi oleh strata, status sosial, tingkat pendidikan, dan suku bangsa. Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampel 97 keluarga yang terdapat di Desa Sumberrejo Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner. Analisa data menggunakan Analisis statistik deskriptif. Hasil : Kekuasaan suamimerupakanfaktor kekerasan dalam rumah tangga yang paling sedikit yaitu 10,3%, Bentuk kekerasan dalam rumah tangga yang paling dominan yaitu kekerasan ekonomi sebesar 29,9%, Dampak kekerasan dalam rumah tangga yang paling dominan adalah kurang terpenuhinya kebutuhan sehari-hari, Mekanisme koping yang dilakukan responden yaitu meminta bantuan kepada keluarga terdekat. Kesimpulan : Kesimpulan dalam penelitian ini adalahkekuasaan suamimerupakanfaktor kekerasan dalam rumah tangga yang paling sedikit, bentuk kekerasan dalam rumah tangga yang paling dominan yaitu kekerasan ekonomi, dampak kekerasan dalam rumah tangga yang paling dominan adalah kurang terpenuhinya kebutuhan sehari-hari, mekanisme koping yang dilakukan responden yaitu meminta bantuan kepada keluarga terdekat. Penting nya peran pemerintah, masyarakat dan perawat agar dapat membantu menangani permasalahan kekerasan dalam rumah tanggadan memeberi dukungan kepada para korban kekerasan dalam rumah tangga untuk mencegah adanya tindak kekerasan dalam rumah tangga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 12 May 2016 10:03
Last Modified: 12 May 2016 10:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29825

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo