UMM Institutional Repository

ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS TERHADAP PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN KONTRAK PERTUNJUKAN MUSIK. (Studi Kasus Wanprestasi dalam Perjanjian Pertunjukan musik antara "Band Begundal Lowokwaru" dengan Event Organizer "Londo" di Taman Budaya Banjarmasin)

PRASETIA, ANGGI TANTRA (2012) ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS TERHADAP PENYELESAIAN WANPRESTASI DALAM PELAKSANAAN KONTRAK PERTUNJUKAN MUSIK. (Studi Kasus Wanprestasi dalam Perjanjian Pertunjukan musik antara "Band Begundal Lowokwaru" dengan Event Organizer "Londo" di Taman Budaya Banjarmasin). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anggitantr-28556-1-pendahul-n.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anggitantr-28556-2-babi.pdf

Download (43kB) | Preview

Abstract

Wanprestasi merupakan akibat daripada tidak dipenuhinya perikatan hukum. Kalau satu pihak tidak melaksanakan pelaksanaannya, maka pihak lain dalam perjanjian tersebut berhak untuk memaksakan pelaksanaannya melalui mekanisme dan jalur hukum yang berlaku. Penelitian ini mengkaji secara mendalam tentang bagaimana pertanggung jawaban pihak Event Organizer Londo terhadap pihak Band Begundal Lowokwaru. Adapun rumusan masalah dalam penulisan ini yaitu, 1) Bagaimana bentuk wanprestasi dalam perjanjian pertunjukan musik antara "Band Begundal Lowokwaru" dengan event organizer "Londo", 2) Bagaimana upaya penyelesaian yang dilakukan para pihak atas terjadinya wanprestasi dalam perjanjian antara "Band Begundal Lowokwaru" dengan event organizer "Londo" tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Tehnik pengambilan data dengan wawancara, dokumentasi, dan stutdi kepustakaan. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian bahwa Upaya hukum yang dilakukan para pihak atas terjadinya wanprestasi dalam perjanjian tersebut adalah dengan melakukan mediasi melalui mediator. Proses dan tahapannya adalah sebagai berikut, yaitu sisa pembayaran fee pertunjukan musik sebesar 25% dari nilai keseluruhan kontrak yang telah diperjanjikan kedua belah pihak akhirnya pihak event organizer Londo mempunyai itikad baik yang mana bersedia untuk menyelesaikan prestasinya sesuai dengan apa yang diperjanjikan. Dan pihak pertama telah meminta maaf secara lisan maupun tertulis kepada pihak kedua atas terjadinya pemberian transportasi tiket pesawat Banjarmasin - Malang yang tidak lagi bisa dipergunakan, dikarenakan tiket pesawat tersebut hangus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 May 2016 07:05
Last Modified: 19 Mar 2018 04:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29780

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo