UMM Institutional Repository

ANALISIS KRIMINOLOGIS TINDAK PIDANA PERKOSAAN TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR (Studi di Wilayah Polres Kabupaten Malang)

FEBRIANINGSIH, EKKY (2012) ANALISIS KRIMINOLOGIS TINDAK PIDANA PERKOSAAN TERHADAP ANAK DI BAWAH UMUR (Studi di Wilayah Polres Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekkyfebria-28581-1-pendahul-n.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekkyfebria-28581-2-babi.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Fenomena tindak pidana terhadap kesusilaan tengah mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini juga terjadi pada wilayah hukum Polres Kabupaten, yaitu Kabupaten Malang. Dalam hal ini, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dari perspektif kriminologis terkait fenomena tersebut. Rumusan Masalah yang disampaikan peneliti adalah: 1. Bagaimanakah modus operandi tindak pidana perkosaan terhadap anak di bawah umur?; 2. Faktor-faktor apakah yang menyebabkan terjadinya tindak pidana perkosaan terhadap anak di bawah umur? 3. Apakah upaya preventif dan represif yang dilakukan oleh Polres Kabupaten dalam mengatasi tindak pidana perkosaan terhadap anak di bawah umur? Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan penulis adalah metode pendekatan yuridis kriminologis. Penelitian menggunakan sumber data berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Dalam mengolah data, penulis menggunakan analisis secara deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian, modus operandi tindak pidana perkosaan terhadap anak di bawah umur adalah dengan memanfaatkan hubungan cinta, memanfaatkan kedekatan kekerabatan, menggunakan kekerasan terhadap korban yang belum dikenal, serta memanipulasi korban dengan bujukan dan rayuan. Faktor-faktor penyebab tindak pidana perkosaan terhadap anak di bawah umur adalah meliputi faktor internal yaitu dorongan biologis yang tinggi akibat minuman beralkohol. Dan Pengaruh film porno. Serta faktor eksternal yang mempengaruhi pelaku melakukan tindak pidana perkosaan terhadap anak di bawah umur adalah faktor keluarga yang terlalu percaya terhadap anak dan meninggalkan anak seorang diri di rumah, faktor masyarakat yang permisif, serta faktor lingkungan. Upaya preventif yang dilakukan oleh Polres Kabupaten dalam upaya mengatasi tindak pidana perkosaan terhadap anak di bawah umur adalah dengan pendidikan dan bimbingan melalui Keluarga dan sekolah serta pendidikan dan bimibingan melalui Polres Kabupaten. Sedangkan tindak represif yang dilakukan Polres Kabupaten adalah melakukan penanganan hukum dan melakukan upaya mediasi dalam kasus perkosaan yang terjadi di wilayah Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 May 2016 07:00
Last Modified: 12 May 2016 07:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29778

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo