UMM Institutional Repository

TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB MAHASISWA MELAKUKAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA ( Studi Kasus Salah Satu Kos-kosan di Perumahan Sigura-gura Hills )

SUKMAWATI, ELVA (2012) TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB MAHASISWA MELAKUKAN TINDAK PIDANA NARKOTIKA ( Studi Kasus Salah Satu Kos-kosan di Perumahan Sigura-gura Hills ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elvasukmaw-28583-1-pendahul-n.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-elvasukmaw-28583-2-babi.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Ancaman bahaya narkotika dan psikotropika di Indonesia saat ini semakin memperihatinkan. Karena para pemakai narkotika dan psikotropika bukan saja orang yang sering melancong ke luar negeri ataupun yang sering keluar masuk tempat hiburan malam, akan tetapi juga para pejabat, selebritis, olahragawan, pelajar dan mahasiswa terlebih lagi pada akhir-akhir ini para ibu-ibu rumah tangga dan anak-anak yang tergolong masih remaja. Penelitian ini mengambil rumusan masalah: 1. Apa saja faktor internal yang menyebabkan mahasiswa melakukan tindak pidana narkotika? 2. Apa saja faktor eksternal yang menyebabkan mahasiswa melakukan tindak pidananarkotika? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, kriminologis, teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dengan Responden/sampel yang berasal dari Mahasiswa pengguna narkotika dan observasi langsung ke lokasi penelitian di Kos-kosan mahasiswa di Perumahan Sigura-gura Hills Malang sebagai tempat pengambilan data primer. Kemudian hasil data tersebut dianalisa secara deskriptif. Dari 5 mahasiswa sample, yang melakukan tindak pidana narkotika, diperoleh faktor internal penyebab dari segi: a. perasaan egois b. ingin bebas c. kegoncangan jiwa d. rasa keingintahuan dan faktor eksternal dari segi: a. keadaan ekonomi b. pergaulan/lingkungan c. kemudahan mendapatkan d. kurangnya pengawasan e. anti sosial. Kesimpulannya, subyek berasal dari keluarga mampu dan orangtuanya tidak harmonis. Penyebab khusus: kegoncangan jiwa, rasa keingintahuan, keadaan ekonomi, pergaulan/lingkungan, kemudahan mendapatkan, kurangnya pengawasan. Saran, perlunya pengawasan dari keluarga dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 May 2016 06:57
Last Modified: 12 May 2016 06:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29776

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo