UMM Institutional Repository

ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PELAKU USAHA DALAM HAL PENJUALAN YANG DILAKUKAN MELALUI CARA OBRAL YANG BERSIFAT MENGELABUI ATAU MENYESATKAN DI TINJAU DARI PASAL 11 HURUF (f) UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi di Departement Store Gramedia Expo Surabaya)

PUTRO, FAJAR SAKTI TRISNO (2012) ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PELAKU USAHA DALAM HAL PENJUALAN YANG DILAKUKAN MELALUI CARA OBRAL YANG BERSIFAT MENGELABUI ATAU MENYESATKAN DI TINJAU DARI PASAL 11 HURUF (f) UNDANG-UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN (Studi di Departement Store Gramedia Expo Surabaya). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fajarsakti-28584-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fajarsakti-28584-2-babi.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Kecurangan Departement Store Gramedia Expo Surabaya di dalam kegiatan bisnisnya yaitu memberikan potongan harga fiktif menyebabkan konsumen menderita kerugian akan ketidak jujuran pelaku usaha dalam transaksi jual beli. Penelitian ini mengambil rumusan masalah: 1. Apakah faktor yang melatar belakangi kecurangan Departement Store Gramedia Expo Surabaya dalam melakukan kegiatan penjualan produk yang bersifat mengelabui atau menyesatkan dalam memberikan obral atau diskon? 2. Bagaimana upaya pencegahan terjadinya kegiatan penjualan produk yang dilakukan oleh pelaku usaha melalui cara obral yang bersifat mengelabui atau menyesatkan? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dengan Responden atau sampel yang berasal dari observasi langsung ke lokasi penelitian di Gramedia Expo Surabaya sebagai tempat pengambilan data primer. Kemudian data hasil penelitian tersebut dianalisa secara deskriptif. Dari 3 produk, ke semuanya mendapatkan potongan harga fiktif, melihat dari harga jual di pasaran, dengan merek dan kuwalitas yang sama. Kecurangan pelaku usaha ini di dasari oleh tiga faktor yaitu, produk merupakan stok lama, masuk ajaran baru, dan pelaku usaha menghindari akan kerugian perusahaan. Sehingga perlunya upaya pencegahan di dalam melindungi hak konsumen dari kepentingan pelaku usaha yang curang, dengan upaya-upaya sosialisasi yang dilakukan LPKS, dan ditambahkan upaya penyelesaian sengketa konsumen melalui BPSK dan jalur pengadilan sebagai upaya terakhir di dalam penyelesaian sengketa yang dialami konsumen sebagai pihak yang dirugikan oleh pelaku usaha. Kesimpulannya, pelaku usaha takut akan kerugian bagi perusahaannya, dengan menumpuknya produk lama yang tak laku terjual, sehingga kecurangan potongan harga menjadi alternatif untuk meminimalisir kerugian bagi usahanya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 May 2016 06:54
Last Modified: 12 May 2016 06:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29775

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo