UMM Institutional Repository

SEMANGAT KEBERANIAN DALAM IKLAN ROKOK (Analisis Semiotik Iklan Rokok A Mild Go A Head versi Kobaran Api pada Media Billboard)

Oknanta, Nurul Komarullah (2011) SEMANGAT KEBERANIAN DALAM IKLAN ROKOK (Analisis Semiotik Iklan Rokok A Mild Go A Head versi Kobaran Api pada Media Billboard). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nurulkomar-21989-Pendahul-n.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nurulkomar-21989-BAB+I.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Saat ini periklanan menjadi roh dalam perkembangan sebuah perusahaan atau industri. Iklan juga dijadikan sebagai senjata andalan bagi mereka untuk memperkenalkan bahkan menjual barang-barang yang telah diproduksi. Hal ini dikarenakan perkembangan pesat yang terjadi di segala bidang khususnya media massa. Dalam sejarah perkembangan iklan terjadi empat tahap yang memiliki karakteristik berbeda-beda. Awalnya iklan hanya murni memperkenalkan produk dengan memfokuskan pengenalan pada produk itu sendiri. Tahap selanjutnya iklan telah mengalami suatu kemajuan dalam hal visualisasi, dengan lebih menampilkan sebuah keuntungan bagi konsumen setelah mengkonsumsi produk tersebut. Tahap ketiga dalam perkembangan iklan merupakan tahap awal adanya visualisasi manusia dalam teks iklan. Visualisasi manusia disini dibalut dengan makna-makna yang lebih dalam dari tahap-tahap sebelumnya. Tahap empat adalah tahap penuh warna, hal ini dikarenakan banyak munculnya iklan-iklan dari berbagai produk yang tentunya saling bersaing dalam hal penyampaian makna iklan. Terobosan yang menonjol dalam tahap ini yakni penyampaian pesan, yaitu produk disampaikan menggunakan unsur konteks sosial sedangkan kegiatan konsumsi disampaikan menggunakan unsur gaya hidup yang menyenangkan, hal itu bertujuan untuk membujuk konsumen dengan harapan konsumen juga merasa senang setelah mengkonsumsi produk tersebut. Keempat tahap tersebut merupakan strategi yang telah dihasilkan oleh perkembangan zaman yang sangat pesat terhadap iklan. Salah satu contoh iklan yang mengikuti perkembangan zaman dan menerapkan strategi tahap empat yaitu iklan rokok A Mild Go A Head versi Kobaran Api. Iklan ini muncul ketika dunia diramaikan oleh permasalahan finansial yang dialami Amerika, yang tentunya dampak dari masalah itu juga dialami oleh negara-negara berkembang yang mempunyai hubungan kerja sama dengan negara tersebut. Masalah ini merupakan salah satu faktor yang membuat pihak-pihak perusahaan industri harus lebih bekerja keras agar tetap dapat mempertahankan eksistensinya di dalam dunia bisnis, baik lokal maupun internasional. Dalam visualisasinya iklan ini memasukkan unsur warna yang melambangkan suatu makna dan segmentasi dalam iklan ini jelas disampaikan walaupun tidak dipersonifikasikan. Namun, semua pesan tersebut tidak nampak keseluruhan jika hanya dilihat secara sekilas. Masih ada pesan-pesan yang tersimpan secara mendalam yang juga memiliki makna tersendiri. Berdasarkan uraian tersebut, maka yang menjadi permasalahan pada penelitian ini yaitu, makna apa yang terkandung dalam iklan rokok A Mild Go A Head versi Kobaran Api. Penelitian ini menggunakan metode semiotika dengan tipe penelitian deskriptif interpretatif dimana penelitian difokusan pada unsur-unsur yang terdapat pada iklan dan unit penelitiannya mengacu pada lambang-lambang yang saling terkait satu sama lain dan memakai teori Roland Barthes yang menggunakan sistem pemaknaan denotasi, konotasi dan mitos. Makna adalah unsur penting dalam iklan produk guna bertujuan untuk mempengaruhi khalayak. Dalam iklan rokok A Mild Go A Head versi Kobaran Api ini makna sesungguhnya tidak secara gamblang disajikan. Dalam iklan ini keseluruhan rangkaian tanda dapat diartikan sebagai penyulut keberanian untuk terus berbuat sesuatu yang disimbolkan oleh api, walaupun banyak rintangan yang menghadang yang disimbulkan oleh lingkaran api dan gambar kawasan industri yang muram, berguna untuk mewujudkan keinginanya. Dengan kata lain iklan ini dapat diartikan sebagai penyulut semangat dan nyali untuk dapat menaklukan halangan serta rintangan yang secara pasti dilalui untuk mewujudkan keinginan serta kebahagiaan yang telah lama menjadi cita-cita. Makna tambahan dalam iklan rokok ini melukiskan pada keadaan yang akan berubah setelah mengkonsumsi produk dari iklan ini. Konsumen akan merasa lebih berani dan lebih bersemangat untuk menghadapi tantangan kehidupan di kawasan perindustrian setelah mengkonsumsi produk ini. Dengan semangat keberanian tersebut siapapun akan mampu melawan tantangan kehidupan yang datang silih berganti dan kemudian munculah hasil dari semua itu berupa keberhasilan meraih cita-cita.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 May 2016 04:10
Last Modified: 12 May 2016 04:10
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29756

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo