UMM Institutional Repository

ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS I LOWOKWARU KOTA MALANG

NUGRAHA, ANANG (2012) ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS PEMBINAAN NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS I LOWOKWARU KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anangnugra-30382-2-babi.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anangnugra-30382-1-pendahul-n.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Lembaga Pemasyarakatan sebagai institusi yang melaksanakan tujuan pemasyarakatan memandang narapidana anak sebagai pelanggar hukum yang khusus. Maka sebuah Lembaga Pemasyarakatan harus menyediakan petugas khusus, sarana dan prasarana khusus, serta memerlukan penanganan yang khusus pula dari petugas dalam proses pembinaan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data berupa hasil wawancara ditambah dengan observasi langsung ke lokasi penelitian di Lembaga Pemasyarakatan klas I Lowokwaru kota Malang. Penulis akan mengemukakan dua permasalahan yang berkaitan dengan judul yang penulis angkat yaitu pertama mengenai Bagaimana efektifitas pelaksanaan pembinaan narapidana anak di lembaga pemasyarakatan klas I lowokwaru kota malang, dan kedua mengenai apa yang menjadi hambatan serta solusi dalam pembinaan terhadap narapidana anak di lembaga pemasyarakatan klas I lowokwaru kota malang. Dari hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembinaan narapidana anak di lembaga pemasyarakatan klas I lowokwaru kota malang dinilai kurang efektif. Hambatan-hambatan dalam pembinaan adalah kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki Lembaga pemasyarakatan klas I lowokwaru, terbatasnya petugas khusus yang menangani pembinaan anak, dan minimnya anggaran untuk pembinaan narapidana anak. Melalui hasil pengamatan maka penulis menyarankan agar Lembaga Pemasyarakatan Lowokwaru dapat meningkatkan program pembinaan dan segera mengirim narapidana anak ke Lapas Anak di Blitar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 12 May 2016 04:08
Last Modified: 12 May 2016 04:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29755

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo