UMM Institutional Repository

PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PERJUDIAN ON-LINE DI TINGKAT PENUNTUTAN (Studi Kasus Di Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya Dengan Perkara Nomor : PDM-28/Tg/Prk/01/2012 Tentang Perjudian On-Line Bola)

ARFIANSYAH, DODY EKO (2012) PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PERJUDIAN ON-LINE DI TINGKAT PENUNTUTAN (Studi Kasus Di Kejaksaan Negeri Tanjung Perak Surabaya Dengan Perkara Nomor : PDM-28/Tg/Prk/01/2012 Tentang Perjudian On-Line Bola). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dodyekoarf-30515-2-babi.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dodyekoarf-30515-1-pendahul-n.pdf

Download (731kB) | Preview

Abstract

Perjudian on-line adalah suatu bentuk patologi sosial. Perjudian menjadi ancaman yang nyata atau potensiil terhadap norma-norma sosial sehingga bisa mengancam berlangsungnya ketertiban sosial. Dengan demikian perjudian dapat menjadi penghambat pembangunan nasional yang beraspek materiel-spiritual. Oleh karena itu perjudian harus ditanggulangi dengan cara yang rasional. Salah satu usaha yang rasional tersebut adalah dengan pendekatan kebijakan penegakan hukum pidana. Permasalahan yang dihadapi yaitu Bagaimana kebijakan aplikatif di tingkat penuntutan terhadap kasus perjudian online. Serta Bagaimanakah Jaksa Penuntut Umum (JPU) menerapkan ancaman pidana dalam Undang-undang No. 7 Tahun 1974 jo Undang-undang No. 11 Tahun 2008 terhadap kasus judi online. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis yang dilakukan berdasarakan kondisi kejadian di masyarakat yang kemudian dikaji berdasrakan undang-undang yang berlaku dan agar dapat menelusuri berbagai perundang-undangan yang digunakan untuk menjerat para pelaku tindak pidana perjudian online dan bagaimana implementasinya dari perundang-undangan itu di lapangan dalam penanganan tindak pidana perjudian online dalam kasus yang sebenarnya. Pengaturan tentang tindak pidana perjudian telah diatur dalam hukum Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) sesuai dengan perubahan oleh Undang-undang No. 7 Tahun 1974 tentang penertiban perjudian. Kebijakan penanggulangan tindak pidana perjudian di masa yang akan datang tetap harus dilakukan dengan sarana penal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 12 May 2016 04:01
Last Modified: 12 May 2016 04:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29750

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo