UMM Institutional Repository

PELAKSANAAN PERWALIAN OLEH YAYASAN PANTI ASUHAN YANG BERTINDAK SEBAGAI WALI TERHADAP ANAK ASUHNYA (Studi di Panti Asuhan Muhammadiyah Jl. Bareng Tenes Malang)

LATUKAU, NURLIA (2012) PELAKSANAAN PERWALIAN OLEH YAYASAN PANTI ASUHAN YANG BERTINDAK SEBAGAI WALI TERHADAP ANAK ASUHNYA (Studi di Panti Asuhan Muhammadiyah Jl. Bareng Tenes Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurlialatu-28589-1-pendahul-n.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurlialatu-28589-2-bab1.pdf

Download (166kB) | Preview

Abstract

Dalam hal dicabutnya kekuasaan orang tua atas anak maka akan timbul suatu perwalian. Perwalian tersebut mengenai pribadi anak yang bersangkutan maupun harta bendanya. Perwalian dapat dilakukan oleh seseorang dan atau suatu badan atau yayasan. Salah satu pihak yang melaksanakan perwalian adalah Panti Asuhan. Penelitian ini mengangkat rumusan masalah: 1. Bagaimana prosedur peralihan perwalian atas anak dari orang tua kepada Panti Asuhan? 2. Bagaimana pelaksanaan hak dan kewajiban wali terhadap anak asuhnya? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dengan Responden/sampel yang berasal dari Panti Asuhan Muhammadiyah Malang dan observasi langsung ke lokasi penelitian di Panti Asuhan Muhammadiyah Malang sebagai tempat pengambilan data primer. Kemudian data hasil penelitian tersebut dianalisa secara deskriptif. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa proses pelaksanaan perwalian anak pada Panti Asuhan Muhammadiyah Malang belum sesuai dengan peraturan dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata yaitu dengan adanya penetapan dari hakim. Peralihan kekuasaan dari orang tua kepada panti asuhan terjadi secara langsung dengan adanya penyerahan anak. Proses ini lantas tidak menjadikan peralihan perwalian menjadi tidak sah. Hal ini dilakukan karena dinilai lebih sederhana tidak memakan terlalu banyak waktu dan biaya. Hak dan kewajiban dalam perwalian adalah mengenai pribadi dan harta benda anak sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 51 Ayat (3), bahwa wali wajib mengurus anak yang dibawah penguasaannya dan harta bendanya. Tetapi hak dan kewajiban Panti Asuhan Muhammadiyah Malang hanya mengenai pribadi anak saja. Kesimpulannya, prosedur perwalian anak pada Panti Asuhan Muhammadiyah Malang terjadi dengan sendirinya secara otomatis saat anak tersebut masuk pada panti asuhan tanpa melalui penetapan pengadilan ataupun akta notaris. Sedangkan pelaksanaan hak dan kewajiban Panti Asuhan Muhammadiyah Malang adalah menggantikan kedudukan orang tua dengan memndidik, membimbing dan memelihara anak asuh tanpa menyebabkan putusnya hubungan antara anak dengan orang tua kandungnya. Saran, sebaiknya prosedur peralihan perwalian anak asuh haruslah mengikuti peraturan sebagaimana dalam Undang-Undang Perkawinan, serta perlunya peran serta bantuan pemerintah demi kelangsungan hidup anak asuh dalam mengenyam pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 May 2016 03:50
Last Modified: 12 May 2016 03:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29741

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo