UMM Institutional Repository

STUDI KOMPARATIF PELAKSANAAN ASURANSI JIWA PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) DAN PT. TAKAFUL INDONESIA

IRIANTI, DEVI ROSSEDIANA (2012) STUDI KOMPARATIF PELAKSANAAN ASURANSI JIWA PADA PT. ASURANSI JIWASRAYA (PERSERO) DAN PT. TAKAFUL INDONESIA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-devirossed-28590-1-pendahul-n.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-devirossed-28590-2-babi.pdf

Download (53kB) | Preview

Abstract

Pada asuransi konvensional dan asuransi takaful, perjanjian dalam pelaksanaannya merupakan kesepakatan antara perusahaan asuransi selaku penanggung dan tertanggung, yang saat berkedudukan sebagai calon tertanggung menyepakati perjanjian asuransi yang ada dalam klausul-klausul dari perjanjian asuransi yang ada dalam bentuk baku (standart). Penulis merumuskan masalah sebagai berikut: yang pertama Bagaimana pelaksanaan perjanjian asuransi jiwa pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT. Takaful Indonesia? Pelaksanaan perjanjian ini meliputi aspek-aspek sebagai berikut: a) Prosedur dan Syarat Perjanjian Asuransi Jiwa, b) Hak dan Kewajiban Para Pihak Dalam Perjanjian Asuransi Jiwa, c) Berhentinya Perjanjian Asuransi Jiwa. kemudian yang kedua Bagaimana tanggungjawab perusahaan asuransi (penanggung) terhadap pengajuan klaim oleh tertanggung yang cacat informasi pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT. Takaful Indonesia? Penulis menggunakan metode penulisan Yuridis Sosiologis, penulis memilih lokasi penelitian di PT. Asuransi Jiwasraya dan PT. Asuransi Takaful Malang dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi. Untuk pengolahan data penulis menggunakan deskriftif kualitatif. Dari hasil penelitian pelaksanaan perjanjian asuransi pada PT. Asuransi Jiwasyara dan PT. Asuransi Takaful terdiri atas prosedur dan syarat, hak dan kewajiban serta berakhirnya perjanjian asuransi. Prosedur dan syarat yang harus dipenuhi oleh tertanggung telah ditentukan oleh pihak penanggung, begitupun hak dan kewajiban para pihak juga telah ditetapkan pada klausa-klausa yang terdapat pada polis asuransi. Berakhirnya suatu perjanjian asuransi telah di atur pula dalam klausa pada polis asuransi jiwa. Pada dasarnya jika tertanggung telah memohon suatu klaim terhadap perusahaan dan pihak perusahaan atau penanggung sudah memberikan klaim setelah prosedur pengajuan klaim tersebut telah dipenuhi oleh tertanggung, maka perjanjian asuransi tersebut telah berakhir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 May 2016 03:42
Last Modified: 12 May 2016 03:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29738

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo