UMM Institutional Repository

PENGARUH TERPAAN IKLAN HP SAMSUNG DALAM DRAMA KOREA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Komunitas Korean lovers "Group Big Bang is V.I.P 영원히" di Facebook)

LETISIA, BERLIANNE (2011) PENGARUH TERPAAN IKLAN HP SAMSUNG DALAM DRAMA KOREA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi pada Komunitas Korean lovers "Group Big Bang is V.I.P 영원히" di Facebook). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-berliannel-21991-PENDAHUL-N.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-berliannel-21991-BAB+I.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Sebuah fenomena yang sedang menarik perhatian Asia dan bahkan dunia saat ini adalah Korean wave atau juga biasa disebut demam Korea. Dan bahkan para penggemar Korea ini menciptakan sebuah Komunitas pecinta Korea (Korean Lovers). Budaya populer dibalut tradisionalisme Korea diangkat serius salah satunya melalui drama Korea, layaknya sebuah industry. Melalui Drama Korea ini perusahaan elektronik Korea menempatkan produknya sehingga dapat menarik minat para penggemar drama Korea. Salah satu produk elektronik Korea yang sering di pakai dalam drama Korea adalah Hp Samsung. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh terpaan iklan Hp Samsung dalam drama Korea terhadap keputusan pembelian pada Komunitas Korean Lovers yang tergabung pada situs online di facebook dalam sebuah Group dengan nama Big Bang is V.I.P영원히. Penelitian ini menggunakan teori AIDDA, teori yang menjelaskan tahapan-tahapan dari sebuah pengambilan keputusan, dimana terpaan iklan dalam drama Korea dapat menimbulkan sebuah keputusan pembelian pada komunitas Korean lovers. Untuk pengertian dari AIDDA sendiri yaitu Attention (perhatian) tahap awal dimana konsumen mulai sadar dan mengetahui keberadaan produk yang diiklankan, Interest (minat) tahap dimana konsumen mulai tertarik dengan produk yang diiklankan, Desire (hasrat) Tahap dimana konsumen mulai mempunyai keinginan untuk memiliki produk yang diiklankan. Decision (keputusan) tahap dimana konsumen mengampil keputusan untuk membeli produk yang diiklankan Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif yaitu untuk mengukur variabel-variabel dan tingkat hubungan pengaruh variabel terpaan iklan Hp Samsung dalam drama Korea terhadap variabel keputusan pembelian, dengan jenis penelitiannya Eksplanasi assosiasif. Peneliti mengambil populasi dari komunitas Korean lovers "Group Big Bang is V.I.P 영원히" di Facebook, dengan cara probability sampling yakni teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Dan yang digunakan adalah simple random dengan pengambilan sampelnya dari anggota populasi secara. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket atau kuesioner yang diberikan kepada jumlah sampel yang telah ditentukan sebanyak 75 responden. Untuk analisis datanya menggunakan korelasi product moment dan untuk menguji hipotesis menggunakan Uji F. Dari hasil perhitungan Uji F diketahui bahwa Fhitung 76.125 > Ftabel 3,98 maka dapat diketahui bahwa hipotesisnya diterima, yang dapat dijelaskan yaitu ada pengaruh terpaan iklan Hp Samsung dalam drama Korea terhadap keputusan pembelian. Dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.714 berada pada rentang 0,60 - 0,799 yang berarti mempunyai skala kuat. Besar pengaruhnya adalah 51% yang dapat diartikan bahwa terpaan iklan Hp Samsung Corby dalam drama Korea "You Are Beautiful" memberikan pengaruh sebesar 51% terhadap keputusan pembelian pada komunitas Korean Lovers, dan sisanya 49% disebabkan faktor-faktor atau variable-variable lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terpaan iklan Hp Samsung dalam drama Korea dapat mempengaruhi keputusan pembelian pada komunitas Korean lovers. Dan bagi negara Korea sebagai produsen Drama Korea yang telah berhasil bekerja sama menempatkan produknya dalam drama Korea sehingga muncul terpaan yang menimbulkan keputusan pembelian agar mempertahankan srtategi dan ide kreatifnya dalam hal tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 May 2016 03:43
Last Modified: 12 May 2016 03:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29737

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo