UMM Institutional Repository

KECENDERUNGAN JENIS PESAN PADA BILLBOARD (Analisis Isi Pada Billboard di Jalan Soekarno-Hatta Kota Malang)

Hamri H, (2011) KECENDERUNGAN JENIS PESAN PADA BILLBOARD (Analisis Isi Pada Billboard di Jalan Soekarno-Hatta Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-hamrih0622-21992-PENDAHUL-N.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-hamrih0622-21992-BAB+I.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Billboard dalam masyarakat industri seperti di Kota Malang, oleh sebagian kalangan sebagai mediator transmisi pesan. Billboard memperlihatkan bagaimana perhatian utamanya adalah untuk menentukan cara di mana saluran komunikasi dapat digunakan secara sangat efisien. Billboard sebagai sebuah konsep yang memberikan pesan secara jelas dengan bahasa pesan yang sederhana. Artinya, meningkatkan efektivitas pesan membantu mengatasi masalah dalam pentransmisian suatu pesan yang entropik atau pesan dengan banyak bahasa tapi tidak mudah dimengerti oleh khalayak. Maka dari itu, billboard sebagai sebuah konsep membantu memecahkan masalah komunikasi yang berhubungan dengan khalayak. Jika, di satu sisi, kita ingin mencapai atau mengantarkan pesan secara efisien kepada khalayak yang lebih besar dan heterogen, kita akan perlu untuk mendesain dengan tingkat efektvitas yang tinggi. Kita juga melihat, seperti dalam penelitian billboard ini, bagaimana efektifitasnya dengan membantu dan berfungsi utama untuk mengatasi masalah komunikasi praktis oleh kalangan komunikator atau produser pesan dengan segala dimensi kepentingan mereka. Peneliti melihat, billboard adalah salah satu fenomena yang berkembang dalam masyarakat industri pada satu sisi, namun pada sisi yang lain, penelitian tentang billboard belum banyak diketemukan sebagai penelitian ilmiah. Hal inilah yang membuat peneliti melakukan penelitian dengan judul Kecendrungan Jenis Pesan Pada Billboard (Analisis Isi Pada Billboard di Jalan Soekarno-Hatta Kota Malang). Rumusan penelitian adalah jenis pesan apa saja yang terdapat pada billboard di Jalan Soekarno-Hatta Kota Malang? Sedangkan tujuan sebagaimana rumusan di atas adalah untuk mengetahui kecenderungan jenis pesan pada billboard yang terdapat di sepanjang Jalan Soekarno-Hatta Kota Malang . Pada saat peneliti ke lapangan pada tanggal 23 Maret 2011 terdapat dua puluh billboard yang teridentifikasi. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan tipe statistik deskriptif mean (nilai rata-rata). Untuk tidak terjadi perluasan penelitian, peneliti membatasi hanya pada billboard yang terletak atau berjejeran di sepanjang Jalan Soekarno-Hatta Kota Malang. Penelitian ini diharapkan menangkap secara utuh dan obyektif sebagaimana kondisi di lapangan terkait kecenderungan jenis pesan pada billboard tersebut di atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kategori oleh peneliti sebagai berikut : 1) kategori iklan layanan masyarakat sebanyak 5% atau satu pesan billboard. 2) kategori iklan produk sebanyak 85% atau tujuh belas pesan billboard. 3) kategori iklan politik sebanyak 10% atau dua pesan billboard . Secara kasat mata diketemukan di lapangan bahwa kecendrungan jenis pesan pada billboard di Jalan Soekarno-Hatta Kota Malang pada pesan iklan produk yang mendominasi billboard di sepanjang jalan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 May 2016 03:38
Last Modified: 12 May 2016 03:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29735

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo