UMM Institutional Repository

MAKNA CINTA ANAK TERHADAP SEORANG IBU DALAM IKLAN TELEVISI Analisis Semiotik dalam iklan televisi produk minuman berenergi M150 versi "Hero".

Ongita M, Alet (2011) MAKNA CINTA ANAK TERHADAP SEORANG IBU DALAM IKLAN TELEVISI Analisis Semiotik dalam iklan televisi produk minuman berenergi M150 versi "Hero". Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-aletongita-21993-PENDAHUL-N.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-aletongita-21993-BAB+I.pdf

Download (403kB) | Preview

Abstract

M150 merupakan sebuah produk minuman berenergi yang diproduksi oleh Osostpa Ltd. yang berasal dari Thailand. Osotspa Ltd, merupakan perusahaan farmasitika yang tertua di Thailand yang berumur lebih dari 100 tahun dan menjadi market leader minuman berenergi di seluruh Thailand. Dengan pengalaman sukses tersebut telah membawa Osotspa untuk memasuki pasar Indonesia pada tahun 2002 dan saat ini osostpa Ltd khususnya dengan produknya minuman berenergi M150 sudah menguasai 20% pasar indonesia. Pada akhir tahun 2010 M150 meluncurkan iklan yang bertema out of the box atau tampil berbeda dari iklan produk sejenisnya. Yaitu, dimana iklan minuman berenergi umumnya menampilkan laki-laki berbadan kekar yang selalu menyelesaikan pekerjaannya dengan meminum minuman produk yang diiklankan, namun dalam hal ini M150 lain. M150 tampil dengan menyuguhkan iklan dengan alur menyentuh yang bertajuk versi "Hero" dalam penayangannya. Dalam iklan M150 versi "Hero" ini digambarkan seorang laki-laki yang melakukan apa saja demi memberi kejutan kepada Ibunya yang lumpuh dengan sebuah makan malam yang spesial. Seakan mendapat apresiasi dari masyarakat atas penayangan iklan tersebut, iklan M150 versi "Hero" ini akhirnya tayang kembali pada awal tahun 2011. Sehubungan dengan hal diatas, peneliti bermaksud untuk mengatahui makna cinta anak dalam iklan televisi, yaitu iklan M150 versi "Hero", melalui kacamata semiotik. Yaitu bagaimana representasi makna cinta anak terhadap seorang ibu dalam iklan televisi produk minuman berenergi M150 versi "Hero"? Metode dari penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif-interpretatif. Metode ini digunakan untuk melihat dan menginterpretasikan makna cinta anak terhadap seorang ibu dalam iklan M150 versi "Hero". Selain itu, penelitian ini menggunakan analisis semiotika yang berpedoman pada signifikasi dua tahap Roland Barthes, dengan melalui pemaknaan denotatif, konotatif dan menemukan mitos-mitos yang hidup dimasyarakat. Dengan menganalisis data berupa visual (ilustrasi tindakan maupun ekspresi tokoh dalam iklan), audio (baik suara, lagu, jingle atau elemen-elemen music dalam iklan), teknik pengambilan gambar (angle) dalam scene iklan yang diteliti, komposisi gambar (warna-warna, kostum yang ditampilkan dalam iklan, pencahayaan (lighting) ). Hasil analisa mendapatkan bahwa iklan yang pada waktu penayangan tanggal 20 september sampai pada akhir tahun ini ternyata berdekatan dengan hari ibu yaitu pada tanggal 22 desember. Sehingga semakin memperkuat akan kandungan makna cinta terhadap seorang ibu. Dan akhirnya mendapatkan kesimpulan bahwa makna cinta terhadap seorang ibu dalam perwujudannya sebagaimana tergambar melalui iklan M150 versi "Hero", yaitu dengan sikap ataupun perbuatan sebagai berikut : Sebuah penerapan pengabdian, pengorbanan dan kesetiaan yang didapat dari pola didikan orang tua khususnya ibu kepada sang anak. Pengabdian : berupa melakukan apa yang diajarkan kepada sang anak hingga menerapkannya. Pengabdian tersebut juga dapat berupa sebuah penghormatan dan pengorbanan yang dilakukan seorang anak untuk membahagiakan ibunya. Kesetiaan : tulus menjaga dan senantiasa tidak melupakan ibu dalam keadaan apapun dan dimanapun. Sikap berani : bertanggung jawab pada keluarganya dan selalu bekerja keras, seorang yang jujur hidup dengan memegang nilai-nilai yang baik kepada orang tua khususnya ibu. Dengan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada pembuat iklan agar dalam setiap produksi iklannya untuk menanamkan pesan-pesan yang baik serta mendidik kepada masyarakat, baik itu dalam bentuk simbolik, ide-ide kreatif maupun materi-materi lainnya agar nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat penonton iklan tersebut. Selain itu, kajian menggunakan analisis semiotik memang penting, mengingat hidup kita diselimuti oleh tanda-tanda dan simbol-simbol disetiap harinya. Maka, peneliti menyarankan kepada para peneliti selanjutnya yang juga menggunakan kajian penelitian yang sama yaitu semiotik, supaya lebih memperdalam wawasan dan memperbanyak data untuk memperkuat penelitian. Hal ini dikarenakan penelitian semacam ini mengandung kebenaran yang subyektif. Atau sebatas sejauh mana pengetahuan peneliti untuk meneliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 May 2016 03:35
Last Modified: 12 May 2016 03:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29733

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo