UMM Institutional Repository

TINGKAT KESADARAN (AWARENESS) PENGGUNA JALAN PADA PESAN IKLAN BILLBOARD (Studi Pada Mahasiswa UMM Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2008 Pengguna Jalan MT. Haryono - Kampus III UMM)

FEBRIANDY, IVAN (2011) TINGKAT KESADARAN (AWARENESS) PENGGUNA JALAN PADA PESAN IKLAN BILLBOARD (Studi Pada Mahasiswa UMM Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2008 Pengguna Jalan MT. Haryono - Kampus III UMM). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ivanfebria-21994-PENDAHUL-N.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ivanfebria-21994-BAB+I.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi yang terdiri atas informasi dan gagasan tentang suatu produk kepada khalayak secara serempak agar memperoleh sambutan baik. Iklan ditransmisikan ke suatu media sebagai sarana untuk mengantarkan dan menyebarluaskan pesan-pesan iklan. Media yang digunakan dalam kegiatan periklanan secara umum dikelompokkan ke dalam dua jenis, yaitu media lini atas (above the line media) dan media lini bawah (bellow the line media). Billboard yang termasuk dalam jenis periklanan media lini atas merupakan salah satu bentuk dari iklan outdoor yang didesain dan dipasang di jalan-jalan dengan tujuan agar dilihat oleh orang yang melakukan perjalanan atau melintasi jalan tersebut. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah ingin mengukur tingkat kesadaran (awareness) pengguna jalan, khususnya Mahasiswa UMM Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2008 pengguna jalan MT. Haryono - Kampus III UMM pada pesan iklan billboard. Tinjauan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Hirarki Efek (Hierarchy of Effects Models) yang dipelopori oleh Lavidge dan Gary Steiner. Asumsi teori ini menunjukkan suatu proses bagaimana pesan iklan bekerja. Terdapat enam tahap yang harus dilalui dalam proses komunikasi periklanan sebelum seseorang menerima hirarki. Tahapan tersebut meliputi kesadaran, pengetahuan, menyukai, kesukaan, keyakinan, dan pembelian terhadap suatu produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif karena hendak menggambarkan dan mengukur tingkat kesadaran pengguna jalan pada pesan iklan billboard. Sedangkan populasinya adalah Mahasiswa UMM Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2008. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan ketentuan atau kriteria yang sesuai dengan gambaran penelitian (purposive sampling). Pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket yang disebarkan kepada 72 responden sebagai sampel. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menghitung nilai rata-rata dengan rumus Mean. Kemudian menentukan interval dengan rumus Sturges agar diketahui posisi (tinggi atau rendah) hasil nilai yang didapat. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa nilai rata-rata tiap sub variabel tingkat kesadaran yang meliputi ; (1) Tingkat perhatian sebesar 2,90 terletak pada rentang 2,52 - 3,27 yang berarti tinggi, (2) Tingkat pemahaman sebesar 2,97 terletak pada rentang 2,52 - 3,27 yang berarti tinggi, dan (3) Tingkat daya ingat sebesar 2,44 terletak pada rentang 1,76 - 2,51 yang berarti rendah. Dari hasil rata-rata tiap sub variabel, dapat disimpulkan bahwa tingkat kesadaran pengguna jalan pada pesan iklan billboard adalah tinggi. Nilai rata-ratanya sebesar 2,84 terletak pada rentang interval 2,52 - 3,27 yang berati berada pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 May 2016 03:31
Last Modified: 12 May 2016 03:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29731

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo