UMM Institutional Repository

MOTIVASI AUDIENCE DALAM MENONTON PROGRAM ACARA "JIKA AKU MENJADI" DI TRANS TV Studi pada Mahasiswa Komunikasi UMM Angkatan 2007 Perempuan

Asmara, Gupta Dwi (2011) MOTIVASI AUDIENCE DALAM MENONTON PROGRAM ACARA "JIKA AKU MENJADI" DI TRANS TV Studi pada Mahasiswa Komunikasi UMM Angkatan 2007 Perempuan. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-guptadwias-21995-Pendahul-n.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-guptadwias-21995-BAB+I.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Pada masa modern sekarang ini perkembangan pertelevisian sangat cepat, banyak sekali stasiun televisi menayangkan berbagai informasi dan hiburannya dengan berbagai genre. Mulai November 2007, Trans Tv meluncurkan program acara dengan berjenis magazine show yaitu "Jika Aku Menjadi". Dalam tayangan "Jika Aku Menjadi" mengisahkan kehidupan seseorang yang serba tidak berkecukupan yang dimana ada seseorang talent dari kalangan yang berkecukupan untuk tinggal dalam kehidupan orang miskin tersebut dalam beberapa hari. Program acara "Jika Aku Menjadi"merupakan program acara unggulan Trans Tv dalam ajang pembelajaransosial. Program acara tersebut banyak digemari oleh penonton, terbukti pada polling acara Jika Aku Menjadi pada situs resmi Trans Tv sangat tinggi.Peneliti ingin mengetahui motivasi apakah yang mendorong mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi UMM angkatan 2007 berjenis kelamin perempuan dalam konsumsi media lebih kepada faktor hiburan saja atau factor selain hiburan dimana perempuan dipilih oleh peneliti karena perempuan mempunyai konsumsi program acara Jika Aku Menjadi sangat mendominasi berdasarkan survey oleh peneliti. Berdasarkan uraian diatas peneliti ingin mengetahui motivasi apa yang dominan mendorong mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2007 menonton program acara "Jika Aku Menjadi" menjadi, kemudian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi yang paling dominan mendorong mahasiswi ilmu komunikasi UMM angkatan 2007 menonton program acara "Jika Aku Menjadi" di Trans Tv. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and gratifications, karena dalam penelitian ini ingin mengetahui motif apa saja yang mendasari audience untuk menonton program acara "Jika Aku Menjadi" tersebut, motif - motif tersebut yaitu tentang motif kognitif (kebutuhan akan informasi, surveillance, atau eksplorasi realitas), motif diversi (kebutuhan akan pelepasan dari tekanan dan kebutuhan akan hiburan), dan motif personal identity (menggunakan isi media untuk memperkuat atau menonjolkan sesuatu yang penting dalam kehidupan atau situasi khalayak sendiri). Dalam modeluses and gratification ini tidak tertarik pada apa yang dilakukan media pada diri orang, tetapi ia tertarik pada apa yang dilakukan orang terhadap media jadi model ini dirasa tepat untuk digunakan karena dalam model uses and gratificationpenelitiberusaha menemukan ketertarikan audience untuk menonton acara tersebut yaitu dari ketiga motif tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data diperoleh melalui survey yaitu dengan wawancara, dokumentasi dan dengan penyebaran kuisioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan tabel frekuensi dan pengelolahan data yang diperoleh darihasil kuesioner yaitu yang terdiri dari mengedit, mengkode dan memasukkan data tersebut dalam tabulasi data untuk selanjutnya di analisis secara deskriptif.Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM angkatan 2007 dengan semua kosentrasi jurusan yaitu Audio Visual, Public Relations dan Jurnalistik berjenis kelamin perempuan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, sebagian besar responden dalam penelitian ini mempunyai motivasi menonton acara "Jika Aku Menjadi" dari setiap aspek motivasidengan tiga kategori kebutuhanyaitu kognitif, diversion dan personal identity. Hasil yang didapat setelah melakukan penelitian sebagian besar audience menonton program acara "Jika Aku Menjadi" lebih kepada motivasikebutuhan kognitif yang memiliki nilai skor tinggi dari pada motivasi-motivasi yang lain yaitu sebesar 60,4% dari total tiap skor item responden. Jadi dapat disimpulkan motivaasi yang mendominasi audience dalam menonton program acara "Jika Aku Menjadi" yaitu motivasi selalu mensyukuri dan menghargai semua yang didapat walaupun tidak mencukupi untuk kehidupan sehari-hari yang termasuk dalam kebutuhan kognitif. Terkait dengan hal diatas, saran yang diberikan yaitu audience (mahasiswa) diharapkan dalam menonton program acara di televisi tidak hanya mencari acara yang sekedar menghibur. Tetapi alangkah baiknya menonton acara yang dapat dijadikan contoh atau panutan dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian untuk stasiun televisi yang ada sekarang ini diharapkan juga lebih atraktif dalam penyajian program acara di televisi yang dapat bermanfaat bagi audience, karena dengan begitu akan menjadi suguhan yang bermanfaat untuk audience dari aspek hiburan, pengetahuan dan informasi sebagaimana seperti yang disuguhkan pada program acara "Jika Aku Menjadi" di Trans Tv.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 May 2016 03:28
Last Modified: 12 May 2016 03:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29728

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo