UMM Institutional Repository

MAKNA PESAN KEMANUSIAAN DALAM FILM Analisis Semiotika pada Film The Twilight Saga Eclipse

Putri, Dwi Kraftiana (2011) MAKNA PESAN KEMANUSIAAN DALAM FILM Analisis Semiotika pada Film The Twilight Saga Eclipse. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dwikraftia-21996-PENDAHUL-N.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dwikraftia-21996-BAB+I.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti untuk mengungkap makna pesan kemanusiaan dalam film The Twilight Saga: Eclipse. Pada film ini terdapat keunikan bahwa tidak semua vampir itu jahat. Di dalam film Eclipse, terdapat vampir vegetarian, vampir baik yang tidak memangsa manusia sebagai makanannya dan hidup bersama manusia. Sehingga penelitian ini tertarik untuk mengungkap bagaimana makna pesan kemanusiaan melalui penokohan vampir keluarga Cullen dalam film tersebut. Sehingga dapat diketahui dan dipahami makna pesan kemanusiaan pada tokoh vampir keluarga Cullen dalam film Eclipse. Tanda mewakili sesuatu bagi seseorang. Analisis semiotik bertujuan untuk mengungkapkan makna tanda yang tersembunyi dibalik sebuah tanda. Teori tanda Charles S. Pierce membedakan tanda menjadi tiga, lambang, ikon dan indeks. Teori tanda Ferdinand Saussure membedakan tanda menjadi dua, signifier dan signified. Teori tanda Roland Barthes membedakan tanda menjadi tujuh, denotasi, konotasi, metafora, simile, metonimi, synechdoche, intertextual. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotik dengan pendekatan kualitatif interpretatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui data primer dan sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis semiotik Charles S. Pierce, Ferdinand Saussure dan Roland Barthes. Ruang lingkup penelitian ini adalah 9 scene yang dianggap peneliti telah mewakili pemunculan adanya tanda-tanda visual yang bisa dimaknai dan dianalisis. Dengan demikian maka dapat diketahui dan dipahami makna pesan kemanusiaan dalam film. Hasil dari analisa data ini diketahui bahwa film ini mempunyai makna pesan kemanusiaan yang ada pada tokoh vampir keluarga Cullen. Pesan kemanusiaan yang ada pada diri vampir dapat dimaknai dari pesan verbal seperti kata-kata yang dikemukakan oleh anggota keluarga Cullen dan pesan nonverbal seperti tingkah laku dan ekspresi wajah dari beberapa anggota keluarga Cullen. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa makna pesan kemanusiaan dalam film The Twilight Saga: Eclipse dengan menggunakan teori semiotik dari Charles S. Pierce, Ferdinand Saussure dan Roland Barthes adalah romantis, menghargai, tanggung jawab, melindungi, emosi, peduli, kasih sayang, bersahabat dan cinta damai. Atas hasil tersebut bisa direkomendasikan bagi pembaca sebagai pembelajaran pemantapan mengenai interpretasi simbol dalam sebuah media, khususnya pada film. Selain itu penelitian ini berguna bagi peneliti lanjutan dapat mengambil film lain untuk dimaknai simbol-simbol dalam film tersebut. Bagi para sineas muda untuk bisa memberikan simbol-simbol makna lain, seperti unsur kemanusiaan, nasionalisme, budaya, politik, dan lainnya dalam sebuah film. Supaya film yang dihasilkan tidak monoton mengikuti alur cerita saja, akan tetapi penonton juga diajak untuk berpikir apa arti sebenarnya dalam film tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 May 2016 03:25
Last Modified: 12 May 2016 03:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29727

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo