UMM Institutional Repository

PERSEPSI MAHASISWA TENTANG TAYANGAN "INDONESIA MENCARI BAKAT" DI TRANS TV (Studi pada Mahasiswa Komunikasi Audio Visual Kelas E Angkatan 2007 Universitas Muhammadiyah Malang)

Novanti, Erwin Arsana (2011) PERSEPSI MAHASISWA TENTANG TAYANGAN "INDONESIA MENCARI BAKAT" DI TRANS TV (Studi pada Mahasiswa Komunikasi Audio Visual Kelas E Angkatan 2007 Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-erwinarsan-21997-PENDAHUL-N.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-erwinarsan-21997-BAB+I.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

Salah satu hiburan yang pernah tayang di televisi yakni "Indonesia Mencari Bakat" di Trans TV, acara ini merupakan ajang pencarian bakat anak-anak bangsa yang dikemas dalam sebuah program bergenre reality show. Program ini tidak membatasi pada satu bidang tertentu, bakat yang diikutsertakan bisa apa saja; misalnya tarian, juggling, pantomime, menyanyi, ‘ngeband’, atau bakat lainnya yang memiliki keunikan. Peserta yang terlibat juga tidak dibatasi usia, dari anak kecil sampai manula dapat mengikuti program ini. Program ini diharapkan bisa menjadi sebuah kampanye untuk membangkitkan semangat anak bangsa, memotivasi setiap generasi, dan mendobrak pesimisme bangsa ini. Menunjukkan bahwa bangsa ini, adalah bangsa yang tidak akan berhenti menciptakan mahakarya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi konsentrasi Audio Visual kelas E angkatan 2008 tentang tayangan Indonesia Mencari Bakat pada stasiun televisi Trans TV. Teori yang dipakai adalah uses and gratifications atau teori pemakaian dan kepuasan. Teori ini dipilih karena penonton berhak memilih acara yang disukainya atau mereka memilih itu karena dianggap sebagai kebutuhan dan hiburan yang cocok buat mereka konsumsi. Kajian teori ini dipilih karena penonton memiliki persepsi yang berbeda satu dengan lain karena rangsangan yang berasal dari indra penglihatan dan pendengaran setelah menonton tayangan Indonesia Mencari Bakat dan mempersepsikannya. Dan penonton bisa memberikan persepsi masing-masing secara individu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan purposive sampling sebagai teknik samplingnya. Teknik pengumpulan data dengan observasi kepada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Audio Visual kelas C angkatan 2008 UMM. Dalam teknik penentuan subyek penelitian, disini peneliti mengambil kriteria subyek penelitian seperti Mahasiswa Ilmu Komunikasi AV kelas E angkatan 2008, mengetahui tayangan IMB, frekuensi menonton tayangan Indonesia Mencari Bakat minimal 3-4 kali dalam 1 bulan, menonton acara dari awal sampai akhir dalam 1 kali tayang, subyek menyediakan waktu untuk dijadikan subyek penelitian. Dari kriteria tersebut maka didapatkan subyek penelitian sejumlah 10 orang, kemudian peneliti melakukan wawancara dengan dokumentasi berupa data tertulis yang berasal dari wawancara antara peneliti dengan subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua jawaban, yaitu dalam segi positif dan segi negatif. Dari segi positif acara ini memang sangat menghibur bagi mahasiswa serta sebagai informasi dalam ajang pencarian bakat dan dunia hiburan, dan hiburan itu mereka pilih seperti tayangan Indonesia Mencari Bakat, acara ini benar-benar sangat bagus baik dari segi peserta, presenter juga juri yang ahli dalam bidangnya serta format acara yang berbeda dengan acara yang sama-sama memiliki format reality show dan tata panggung yang proporsional dan berwarna, membuat penonton menjadi betah. Acara ini menyajikan informasi dalam bidang pencarian bakat. Informasi yang diberikan berasal dari juri yang ahli dalam masing-masing bidangnya. Dan dalam segi negatifnya acara ini sebenarnya acara yang bisa dikatakan sebagai pemanfaatan media. Dimana peserta yang mengikuti Indonesia Mencari Bakat hanya ingin mencari popularitas dan ingin menjadi terkenal serta dikenal oleh semua masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 May 2016 03:22
Last Modified: 12 May 2016 03:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29724

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo