UMM Institutional Repository

PENGARUH KUALITAS BRI CABANG MARTHADINATA MALANG TERHADAP KEPUASAN NASABAH Studi Pada Nasabah BRI Cabang Marthadinata Malang

Safitri, Nindya Aryana (2011) PENGARUH KUALITAS BRI CABANG MARTHADINATA MALANG TERHADAP KEPUASAN NASABAH Studi Pada Nasabah BRI Cabang Marthadinata Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nindyaarya-22000-PENDAHUL-N.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-nindyaarya-22000-BAB+I.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

Menghadapai Persaingan tajam, bank BRI harus berupaya untuk dapat memberikan pelayanan kepada nasabahnya, sehingga dengan pelayanan yang baik dapat menimbulkan kepuasan nasabah. Sehubungan dengan hal tersebut penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul "Pengaruh Kualitas Pelayanan BRI Marthadinata Malang terhadap kepuasan nasabah." Adapun identifikasi masalahnya adalah "seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan BRI Cabang Marthadinata Malang terhadap kepuasan nasabah". Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat besarnya pengaruh kualitas pelayanan BRI cabang Marthadinata Malang terhadap kepuasan nasabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif, dengan pendekatan kuantitatif . pengambilan sample dari penelitian ini menggunakan aksidental sampling yang berjumlah 125 orang. Adapun untuk menguji hubungan variabel kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah BRI Cabang Marthadinata Malang dalam penelitian ini menggunakan teknik korelasi dengan menggunakan rumus produk moment. Sedangkan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi atau pengaruh variable terikat, yaitu Kualitas pelayanan BRI Cabang Marthadinata Malang terhadap kepuasan nasabah digunakan perhitungan determinasi. Berdasarkan perhitungan nilai koefisien regresi diperoleh hasil sebesar 0,310, yang berarti bahwa hubungan antara variabel bebas yaitu kualitas pelayanan terhadap Variabel terikat kepuasan nasabah BRI cabang Marthadinata Malang adalah sebesar 31 %, yang menunjukkan bahwa ada pengaruh positif yang sedang dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Nilai koefisien tersebut kemudian di uji signifikan pada taraf signifikansi 5%. Hipotesis terbukti bahwa ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah BRI Cabang Marthadinata Malang dengan hasil perhitungan t hitung sebesar 7,442 lebih besar dari t tabel yaitu 1,960. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak sedangkan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah BRI cabang Marthadinata Malang. Atas hasil tersebut, bisa direkomendasikan kepada BRI cabang Marthadinata Malang sebagai rekomendasi untuk kepuasan nasabah BRI yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 May 2016 03:13
Last Modified: 12 May 2016 03:13
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29718

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo