UMM Institutional Repository

PENGARUH PELAYANAN TELLER TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH Studi pada Nasabah Bank Danamon Simpan Pinjam Bunul Malang

Purnama S, Disty (2011) PENGARUH PELAYANAN TELLER TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH Studi pada Nasabah Bank Danamon Simpan Pinjam Bunul Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-distypurna-22002-PENDAHUL-N.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-distypurna-22002-BAB+I.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Dalam sebuah industri perbankan pihak bank harus benar-benar mengetahui dan memahami mengenai prilaku para nasabah tentang apa yang dibutuhkan dan apa yang diinginkan. Jasa yang diberikan pihak Bank belum cukup hanya sekedar sikap dan tingkah laku para karyawan dalam menghadapi nasabah, tetapi harus mencakup variable pelayanan prima. Teller sebagai bagian front line memiliki pengaruh yang sangat besar bagi sistem pelayanan, karna posisi teller berada pada bagian depan dan sebagai awal penerima nasabah, baik nasabah yang akan melakukan transaksi keuangan maupun nasabah yang akan mencari informasi produk-produk yang ditawarkan bank danamon. Sehingga teller memiliki posisi yang sangat penting didalam penerimaan pesan dari nasabah kepada perusahaan atau sebaliknya. Berdasarkan uraian tersebut diatas maka menjadi alasan peneliti untuk mengangkat permasalahan "Seberapa besar pengaruh pelayanan teller PT. bank danamon simpan pinjam unit Bunul terhadap kepuasan nasabah" Variabe-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kemampuan (ability), sikap (attitude), penampilan (appearence), perhatian (attention), tindakan (action), tanggung jawab (accounttability), kenyamanan, dan ketepatan yang kemudian dijabarkan menjadi dua variabel yaitu variabel pelayanan Teller dan variabel kepuasan nasabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif, dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sample dari penelitian ini menggunakan aksidental sampling yang berjumlah 110 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, kuisioner. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini melalui tahapan analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Teller terhadap kepuasan nasabah. kemudian dilakukan uji t untuk menguji kebenaran hipotesis tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan setelah dilakukan analisis data maka dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh antara variable pelayanan Teller terhadap kepuasan nasabah sebesar 32,9 %, yang artinya terdapat nilai koefisien yang sedang antara pelayanan Teller terhadap kepuasan nasabah dan sisanya yaitu sebesar 67,1% dipengaruhi oleh variable lainnya. Maka hendaknya faktor pelayanan Teller dapat ditingkatkan lagi sehingga memberikan kepuasan yang maksimal bagi nasabah. dengan cara meingkatkan mutu, kualitas dan kuantitas serta jasa pelayanan produk kepada nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 May 2016 03:05
Last Modified: 12 May 2016 03:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29715

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo