UMM Institutional Repository

ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS PELAKSANAAN DISKRESI KEPOLISIAN UNTUK MEWUJUDKAN RESTORATIVE JUSTICE DALAM PENANGANAN PERKARA PENCURIAN DENGAN TERSANGKA ANAK (Studi Di Kepolisian Resort Kota Batu)

AZIZA, TRI AGUSTINA (2012) ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS PELAKSANAAN DISKRESI KEPOLISIAN UNTUK MEWUJUDKAN RESTORATIVE JUSTICE DALAM PENANGANAN PERKARA PENCURIAN DENGAN TERSANGKA ANAK (Studi Di Kepolisian Resort Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-triagustin-28628-1-pendahul-n.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-triagustin-28628-2-babi.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Pada praktek penyelesaian melalui sistem peradilan pidana sebagai penanggulangan tindak pidana terus berlanjut, salah satu kritik tajam terhadap peradilan pidana adalah karena dampak negatif yang yang ditimbulkannya seperti stigmatisasi, dehumanisasi, prisionisasi justru menjadi faktor kriminogen. Peradilan pidana ditengarai hanya berpihak pada mereka yang hanya mempunyai uang, tetapi sigap dan lincah dalam terhadap kaum miskin, peradilan pidana jadi terasa sangat diskriminatif. Munculnya berbagai dampak negatif tersebut dari berbagai kekurangan dan kelemahan dalam peradilan pidana seperti tersebut diatas, telah memunculkan berbagai upaya untuk mengurangi dampak negatif dan kelemahan peradilan pidana. Salah satunya dengan upaya yaitu dengan menyelesaikan peradilan pidana di luar pengadilan melalui Restorative Justice. Proses peradilan melalui Restorative Justice ini tidak bertujuan untuk menghukum atau mempermalukan seseorang ataupun menuntut, tetapi lebih pada usaha untuk memperoleh kebenaran yang pada akhirnya bermanfaat untuk membantu pemulihan hubungan yang tidak harmonis antara korban, pelaku maupun masyarakat. Kepolisian sebagai sub sistem peradilan pidana juga melakukan upaya-upaya untuk meminimalisir berbagai dampak negatif tersebut. Salah satu upaya untuk melakukan dampak negatif adalah penyelesaian perkara melalui diskresi kepolisian. Berdasarkan pemikiran tersebut di atas penulis tertarik untuk melihat kesesuaian yang dilakukan kepolisian khususnya Kepolisian Resort Kota Batu dalam melaksanakan peradilan pidana melalui diskresi kepolisian dengan konsep tujuan dan karakteristik yang ada dalam Restoratif Justice. Metode penulisan yang digunakan penulis dalam penelitin adalah yuridis sosiologis yaitu pendekatan dengan memaparkan suatu fakta atau kenyataan yang terjadi dalam masyarakat, yakni memaparkan suatu pernyataan yang ada di lapangan mengenai penyelesaian melalui diskresi kepolisian terhadap perkara pidana yang dilakukan oleh tersangka anak dengan melihat kesesuaian yang ada adalam konsep tujuan dan karakteristik yang ada dalam Restorative Justice.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 May 2016 03:05
Last Modified: 12 May 2016 03:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29714

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo