UMM Institutional Repository

TANGGAPAN PEMIRSA TENTANG PROGRAM ACARA REALITY SHOW TAKE ME OUT DI INDOSIAR (Studi Pada Warga Perumahan Graha Kota Asri Malang)

Ulfa, Maria (2011) TANGGAPAN PEMIRSA TENTANG PROGRAM ACARA REALITY SHOW TAKE ME OUT DI INDOSIAR (Studi Pada Warga Perumahan Graha Kota Asri Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-mariaulfa0-22012-01+PENDA-N.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-mariaulfa0-22012-01+PENDA-N.pdf

Download (67kB) | Preview

Abstract

Reality show televisi merupakan salah satu bentuk program acara yang bersifat menghibur, seperti halnya "Take Me Out" Indonesia. Acara ini menarik untuk diteliti karena selain menghibur, eksistensi acara ini juga menunjukkan adanya pergeseran nilai ke arah budaya barat. Penulis disini tertarik untuk mengetahui tanggapan pemirsa dari kelompok masyarakat yang memilih untuk menonton acara Take Me Out Indonesia tersebut, yaitu pada lingkup warga Perumahan Graha Kota Asri Kota Malang. Konsep media massa adalah media komunikasi yang mampu menimbulkan keserempakan dalam arti kata khalayak dalam jumlah yang relative sangat banyak, secara bersama-sama pada saat yang sama,memperhatikan pesan yang dikomunikasikan melalui media tersebut. Sementara yang dimaksud Program acara televisi adalah mata acara yang disiarkan oleh stasiun televisi. Sedangkan pemirsa adalah bagian dari khalayak media massa. Pengertian khalayak berkonotasi kepasifan, menerima tanpa adanya dukungan-dukungan yang menjelaskan kebiasaan-kebiasaan pemirsaan Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian di sini adalah warga Perumahan Graha Kota Asri Malang. Sedangkan tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis data berproses secara induksi-interpretasi-konseptualisasi dan keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi. Dari hasil penelitian dapat ditemukan bahwa pemirsa secara umum memiliki tanggapan yang khas terhadap acara Take Me Out Indonesia di Indosiar. Informan secara umum menikmati pola penataan panggung yang berupaya untuk memberikan kesan tertentu bagi khalayak tersebut. Mengenai keberadaan host, Informan secara umum memberikan penilaian yang positif terhadap Host acara Take Me Out Indonesia. Berkaitan dengan keunikan acara, informan berpendapat acara ini merupakan ajang pencarian jodoh yang dikemas dalam sebuah reality show dimana unsur entertainment merupakan hal yang sangat diperhatikan di sini. Informan menyukai peserta acara Take Me Out Indonesia di Indosiar adalah karena emosi-emosi yang muncul di atas panggung sangat menarik untuk diikuti. Terkait bintang tamu, secara umum informan menilai bahwa adanya bintang tamu tersebut sesuai dengan acara. Menurut pendapat informan penelitian, eksistensi acara ini menunjukkan adanya gap budaya, terutama dikarenakan "Take Me Out - Indonesia" merupakan adopsi acara serupa yang ditayangkan di Eropa. Oleh karena itu dalam kemasan aslinya masih terasa wajar apabila wanita dalam acara ini digambarkan sebagai sosok yang cenderung aktif dan agresif dalam mencari pasangan, namun akan sangat tidak wajar untuk mereka yang berada dalam lingkup budaya timur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 May 2016 02:38
Last Modified: 12 May 2016 02:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29694

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo