UMM Institutional Repository

PERAN BAPAS DALAM PEMBIMBINGAN ANAK NAKAL YANG MENJALANI PIDANA PENGAWASAN (Studi di Bapas Klas II Kota Madiun)

Laga, Adianta (2012) PERAN BAPAS DALAM PEMBIMBINGAN ANAK NAKAL YANG MENJALANI PIDANA PENGAWASAN (Studi di Bapas Klas II Kota Madiun). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adiantalag-28808-2-bab1.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adiantalag-28808-1-pendahul-n.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Pelaku kejahatan makin beragam tingkat sosial dan usianya. Akan tetapi yang menjadi keprihatinan adalah kenyataan bahwa jumlah pelaku kejahatan anak di berbagai daerah menunjukkan peningkatan dan yang sangat memprihatinkan lagi pelakunya adalah anak-anak dengan usia mereka antara 9 tahun 14 tahun dari latar belakang keluarga sederhana. Anak merupakan potensi yang cukup besar untuk dapat meneruskan cita-cita dan perjuangan bangsa, artinya anak mempunyai tanggung jawab dan tugas yang cukup berat untuk melanjutkan kesinambungan proses pembangunan ini selaras dengan perkembangan jaman dan teknologi. Kendati melakukan suatu perbuatan pidana yang sama dengan orang dewasa, seorang anak yang melakukan tindak pidana (berhadapan dengan hukum memerlukan penanganan berbeda. Hal ini karena pada dasarnya seorang anak amat memerlukan perlindungan dikarenakan kondisi kejiwaan dan fisik mereka yang belum matang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tugas Bapas dalam melakukan pembimbingan terhadap anak nakal yang menjalani pidana pengawasan ? (2) Apa kendala Bapas dalam melakukan pembimbingan terhadap anak nakal yang menjalani pidana pengawasan ? (3) Bagaimana upaya Bapas dalam melakukan pembimbingan terhadap anak nakal yang menjalani pidana pengawasan ? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan Yuridis Sosiologis yaitu mengkaji pelaksanaan peraturan perundang-undangan Pembimbingan anak nakal dalam menjalani Pidana Pengawasan serta bagaimana keadaan hal tersebut dalam pandangan kehidupan sehari-hari di masyarakat. Lokasi penelitian dilakukan di Bapas Madiun. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa data kualitatif , yaitu mengumpulkan data yang berskala besar dan mudah diklasifikasikan kedalam bentuk katagori yang berstruktur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 May 2016 02:36
Last Modified: 12 May 2016 02:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29692

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo