UMM Institutional Repository

TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PENYELIDIKAN DAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PELEDAKAN BOM IKAN (Studi Kasus di Polresta Pasuruan)

SALIM, AGUS (2012) TINJAUAN YURIDIS PELAKSANAAN PENYELIDIKAN DAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PELEDAKAN BOM IKAN (Studi Kasus di Polresta Pasuruan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agussalim0-28809-1-pendahul-n.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agussalim0-28809-2-babi.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penyelidikan bukanlah merupakan fungsi yang berdiri sendiri, terpisah dari fungsi penyidikan, tetapi hanya merupakan salah satu cara atau metode atau sub daripada fungsi penyidikan, yang mendahului tindakan lain yaitu penindakan yang berupa penangkapan, penahanan, penggeledahan, penyitaan, pemeriksaan surat, pemanggilan, tindakan pemeriksaan, penyelesaian dan penyerahan berkas perkara kepada penuntut umum. Penelitian ini mengambil rumusan masalah: 1. Bagaimana pelaksanaan penyelidikan dan penyidikan oleh polisi terhadap tindak pidana peledakan bom ikan? 2. Tindakan apa yang dilakukan oleh polisi untuk menindak lanjuti hasil penyidikan yang telah dilakukan?. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis, teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dengan responden dari pihak Polresta Pasuruan dan dokumentasi dengan cara mencatat dan menganalisa dokumen-dokumen yang ada kaitannya dengan tindak pidana peledakan bom ikan di wilayah hukum Polresta Pasuruan. Hasil penelitian yang didapat, yaitu pada bulan Agustus 2007 terjadi sebuah ledakan dahsyat yang mengejutkan di kota Pasuruan disebabkan dari pembuatan bom ikan seorang warga yang bernama Nadir. Disini pihak kepolisian yang memiliki kewenangan atau tugas segera mengadakan proses penyelidikan ke tempat kejadian perkara. Untuk selanjutnya hasil pemeriksaan penyelidik diserahkan ke pihak penyidik. Usaha yang dilakukan penyidik yaitu mulai tahap pemanggilan dan pemeriksaan terhadap tersangka dan saksi, tahap penangkapan, tahap penahanan, tahap penggeledahan, tahap penyitaan, dan tahap penyelesaian berkas berita acara pemeriksaan yang memuat duduk perkara yang sesungguhnya secara lengkap menyatakan secara jelas identitas tersangka pelaku tindak pidana peledakan bom ikan, menyatakan semua barang bukti yang ada. Untuk selanjutnya selesai tahap pemeriksaan, maka berkas perkara diserahkan ke pihak penuntut umum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 12 May 2016 02:33
Last Modified: 12 May 2016 02:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29688

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo