UMM Institutional Repository

OPINI KARYAWAN TENTANG PUBLIC RELATIONS DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI (Studi Pada Karyawan The Jayakarta Hotel Lombok)

Iqbal, Rahmad (2011) OPINI KARYAWAN TENTANG PUBLIC RELATIONS DALAM MENYAMPAIKAN INFORMASI (Studi Pada Karyawan The Jayakarta Hotel Lombok). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rahmadiqba-22060-PENDAHUL-N.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rahmadiqba-22060-BAB+I.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Menggeliatnya lagi kunjungan wisatawan asing maupun domestik belakangan ini memacu perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan untuk berlomba-lomba dalam memberikan kepuasan jasa penginapan bagi para wisatawan. Berbagai cara, trik dan strategi dilakukan agar para wisatawan yang berkunjung tertarik untuk menginap atau bermalam di hotel yang sekiranya membeikan pelayanan lebih. Namun dalam hal ini apa yang menjadi kenginan pihak hotel sekiranya tidak dapat terlaksana bilamana tidak adanya kerjasama antara pihak-pihak yang berkepentingan di dalamnya. Pihak-pihak yang berkepentingan disini maksudnya adalah para stokeholders, manajemen, public relations dan karyawan semua pihak tersebut harus mampu bekerjasama dengan sebaik mungkin agar apa yang menjadi tujuan dapat tercapai. Dimana untuk menciptakan kerjasama yang baik maka hendaklah segala bentuk informasi yang berkaitan dengan operasional harus tersampaikan sesuai. Dalam penelitian ini yang hendak dibahas ialah bagaimana opini karyawan tentang public relations The Jayakarta Hotel Lombok dalam menyampaikan. Public Relations merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh goodwill, kepercayaan, saling pengertian dan citra yang baik dari publik, untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara organisasi dengan karyawan maupun masyarakat melalui proses komunikasi. Fungsi dan peranan public relations antara lain, membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publik internal dan eksternal, menciptakan komunikasi dua arah dengan menyebarkan informasi kepada publiknya dan menyalurkan opini publik kepada organisasi, melayani publik dan menasehati pimpinan organisasi demi kepentingan umum. Melihat begitu pentingnya fungsi dan peranan public relations disini maka peneliti berusaha untuk mendapatkan opini dari para karyawan yang berkaitan dengan fungsi dan peranan tersebut. Opini adalah respon yang diberikan seseorang yaitu komunikan kepada komunikator yang sebelumnya telah memberi stimulus berupa pertanyaan. Persepsi dan sikap adalah dua faktor yang membentuk sebuah opini individu, karena apabila persepsi masih dapat dipikiran manusia, sedangkan sikap berakhir dengan kecendrungan berperilaku dimana masing-masing memiliki proses yang melatar belakangi pembentukannya, maka keduanya apabila diungkapkan menjadi opini. Dalam hal ini opini-opini yang coba diangkat berkaitan dengan peran public relations di dalam hotel dan juga dalam menyampaikan informasi. Opini tentang peran public relations disini dimaksudkan untuk menggambarkan fakta tentang public relations yang nantinya juga dapat mencakup tentang penyampaian informasi yang dilakukan oleh praktisi public relations kepada karyawan. Dimana opini-opini yang didapatkan dari para karyawan diharapkan mampu untuk menjadi jawaban dari rumusan masalah penelitian. Sehingga hasil penelitian sekiranya sesuai dengan rumusan masalah yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dimana peneliti berusaha untuk mendapatkan gambaran dan jawaban dari permasalahan yang diangkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan The Jayakarta Hotel Lombok yang berjumlah 158 orang. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan purposive sampling. Jumlah sampel yang didapat yaitu 9 orang karyawan dengan kriteria adalah karyawan yang telah bekerja antara 5-10 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara karena untuk mendapatkan pendapat ataupun opini maka wawancaralah yang sangat tepat. Sedangkan analisa data menggunakan teknik reduksi data, display data serta kesimpulan dan verifikasi data. Penggunaan teknik ini bertujuan untuk menggambarkan fakta hasil penelitian sehingga menjadi data yang mempunyai makna serta mudah dipahami dan diinterpretasikan. Teknik analisa data ini dimaksudkan untuk dapat mengungkapkan bagaimana opini karyawan The Jayakarta Hotel Lombok tentang public relations dalam menyampaikan informasi. Temuan opini disini dikerucutkan bahwa pada awalnya fungsi dan peran humas disini masih belum mampu menjalankannya dengan baik, dimana komunikasi yang terjadi adalah komunikasi satu arah atau tidak ada terjadinya timbal balik, begitu pula dalam hal penyampaian informasi karyawan disini hanya berperan sebagai penerima pesan atau komunikan saja, meskipun jenin-jenis informasi yang disampaikan dan penggunaan media yang dilakukan humas sudah tepat dan sesuai dengan apa yang diharapkan, namun yang menjadi permasalahan bahwa tidak adanya tercipta komunikasi dua arah, ini juga disebabkan karena jangkauan humas dalam menyampaikan informasi di dalam hotel terlalu luas. Oleh karena itu humas hendaknya memiliki seorang specialis staff yang mampu berkomunikasi dengan baik dan juga menciptakan komunikasi lintas saluran sehingga informasi-informasi yang disampaikan dapat tersampaikan kepada pihak dengan tingkatan hirarki tertinggi maupun hingga pihak dengan tingkatan hirarki terendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 May 2016 02:28
Last Modified: 12 May 2016 02:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29685

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo