UMM Institutional Repository

Motif Mahasiswa Dalam Menggunakan Handphone Sebagai Media BerFacebook (Studi Pada Mahasiswa Muhammadiyah Malang Yang Memakai IM3).

Ardhana, Ida Bagus Jaya (2011) Motif Mahasiswa Dalam Menggunakan Handphone Sebagai Media BerFacebook (Studi Pada Mahasiswa Muhammadiyah Malang Yang Memakai IM3). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-idabagusja-22062-PENDAHUL-N.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-idabagusja-22062-BAB+I.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berkembang dengan sangat pesat. Dalam hal ini adalah internet (inter-network). Internet secara umum dapat diartikan suatu jaringan komputer luas yang menghubungkan pengguna komputer dari satu komputer dengan komputer lainnya dan dapat berhubungan dengan komputer dari suatu Negara ke Negara lain di seluruh dunia, dimana didalamnya terdapat berbagai aneka ragam informasi. Fasilitas layanan dari internet adalah Browsing atau Surfing, yaitu kegiatan "berselancar" di internet. Kegiatan ini dapat diartikan seperti layaknya jalan-jalan di mal sambil melihat-lihat kedalam bermacam-macam toko tanpa membeli apapun. Akhir-akhir ini penggunaan internet semakin meningkat, salah satunya adalah pengunaan layanan untuk chatting secara global dengan menggunakan layanan yang tersedia contohnya seperti Email, Yahoo Messanger, Friendster, Facebook, Flicker,dan lain-lain. Dalam hal ini Facebook sebagai situs jejaring sosial yang paling banyak dan sering dipergunakan saat ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif mahasiswa dalam menggunakan handphone sebagai media berfacebook. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian survey, dengan populasi dan sampel sebanyak 59 responden. Teknik pengumpulan datanya adalah kuisioner, dokumentasi dan studi pustaka. Dalam penelitian ini analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif yaitu analisis ini dipakai untuk mendeskripsikan karakteristik daerah penelitian responden dan distribusi item-item masing-masing variabel. Data yang dikumpulkan diedit dan ditabulasikan kedalam tabel, kemudian pembahasan data dalam angka dan presentase. Berdasarkan hasil analisis berkaitan dengan motif mahasiswa dalam menggunakan handphone sebagai media berfacebook adalah Mengakses Facebook melalui Handphone untuk berbagi informasi yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Mengakses Facebook melalui Handphone meningkatkan rasa percaya diri. Mengakses Facebook melalui Handphone untuk berhubungan dengan teman. Mengakses Facebook melalui Handphone untuk berhubungan dengan keluarga. Mengakses Facebook melalui Handphone untuk untuk mengisi waktu kosong. Dengan mengakses Facebook melalui Handphone dapat mengisi. Mengakses Facebook melalui Handphone untuk refresing. Mengakses Facebook melalui Handphone karena biayanya murah. Biaya untuk mengakses Facebook melalui Handphonepun terbilang murah, rata-rata pemakaian dalam satu minggu menghabiskan biaya Rp.5000 untuk kartu IM3. Motif yang terpenting adalah kemudahan yang didapatkan karena tidak dibatasi ruang dan waktu, maksudnya untuk mengkases facebook melalui handphone dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 May 2016 02:21
Last Modified: 12 May 2016 02:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29684

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo