UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI KONSEP BENTUK ALJABAR MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG

NISA, AYU WAHIDATUN (2012) KONSTRUKSI KONSEP BENTUK ALJABAR MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--ayuwahidat-27884-2-babi.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--ayuwahidat-27884-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sebuah proses pendidikan yang bertujuan menolong para siswa melihat makna didalam materi akademik yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan subjek-subjek akademik dengan konteks dalam kehidupan keseharian mereka, yaitu dengan konteks keadaan pribadi, sosial, dan budaya mereka adalah pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL). Dengan pengertian tentang pembelajaran kontekstual diatas, diperlukan usaha dan strategi pengajaran yang tepat, sehingga dapat dicapai tujuan untuk mengantarkan guru dan murid dalam sebuah pendidikan yang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konstruksi konsep bentuk aljabar melalui pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Selain itu, untuk mendeskripsikan hasil konstruksi konsep bentuk aljabar melalui pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 26 September – 10 Oktober 2011 ini hanya memilih satu kelas sebagai subyek penelitian yaitu kelas VII sebanyak 28 siswa yang ada di SMP Muhammadiyah 06 DAU Malang. Berdasarkan hasil analisis aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran kontekstual, selama tiga kali pertemuan proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik yaitu dengan melihat persentase aktivitas siswa mencapai 75,20%. Hasil belajar yang diperoleh siswa setelah dilaksanakan pembelajaran kontekstual sebanyak 23 siswa skornya telah mencapai ketuntasan individu, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 5 siswa. Hasil belajar secara klasikal telah mencapai standar ketuntasan klasikal yang ditetapkan oleh Depdiknas karena banyak siswa yang tuntas secara klasikal mencapai 82,1%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 11 May 2016 10:17
Last Modified: 11 May 2016 10:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29672

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo