UMM Institutional Repository

PEMBELAJARAN REMIDIAL MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME PRISMA SEGITIGA DI KELAS VIII-B SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG

PURWANDI, DIAN (2012) PEMBELAJARAN REMIDIAL MATERI LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME PRISMA SEGITIGA DI KELAS VIII-B SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--dianpurwan-28064-2-babi.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--dianpurwan-28064-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal menghitung luas permukaan dan volume prisma segitiga, siswa masih mengalami masalah atau kesulitan dalam mengaitkan informasi yang diketahui dengan rumus yang ada. Untuk mengatasi masalah tersebut, perlu disusun keterlaksanaan pembelajaran sebagai alternatif yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pembelajaran di sekolah. Salah satu alternatif pembelajaran yaitu pembelajaran remidial, yang mana pembelajaran remidial ini dapat memberikan bantuan pembelajaran remidial kepada siswa yang menghadapi masalah atau kesulitan belajar, dapat ditempuh langkah-langkah yaitu manandai atau mengenali siswa yang mengalami kesulitan belajar, mengetahui sifat dan jenis kesulitan belajar, mengetahui latar belakang kesulitan belajar, menetapkan kemungkinan-kemungkinan usaha bantuan serta evaluasi dan tindak lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran remedial materi luas permukaan dan volume prisma segitiga di kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 1 Malang. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 1 Malang, semester II tahun ajaran 2010-2011 yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi siswa dan soal tes. Sedangkan instrument yang digunakan yaitu lembar observasi dan soal tes. Dari hasil observasi aktivitas siswa, yaitu pada pertemuan I tingkat aktivitas siswa sebesar 83,33%, pada pertemuan II tingkat aktivitas siswa sebesar 87,5% dan pada pertemuan III tingkat aktivitas siswa sebesar 87,5%. Dapat dilihat dari aktivitas siswa pada pertemuan II dan pertemuan III menunjukkan peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada pembelajaran remidial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, disimpulkan bahwa pembelajaran remedial materi luas permukaan dan volume prisma segitiga di kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 1 Malang yaitu deskripsi pelaksanaan pembelajaran remidial terbagi menjadi tiga tahap yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Pada kegiatan inti dilakukan pemberian masalah yaitu pemberian LKS, mengarahkan, membimbing dengan memberikan informasi dan data yang diperlukan oleh siswa. Sedangkan pada kegiatan akhir yaitu dengan arahan guru, siswa akan menemukan suatu kesimpulan dari pembelajaran yang berlangsung. Pembelajaran remedial telah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 11 May 2016 10:04
Last Modified: 11 May 2016 10:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29668

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo