UMM Institutional Repository

PERBANDINGAN IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR DAN LBB

ABÂ’HAR, MOCHAMMAD AUFAR AGUNG (2012) PERBANDINGAN IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR DAN LBB. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--mochammada-28099-1-pendahul-n.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--mochammada-28099-2-bab1.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

ada setiap lembaga pendidikan, baik lembaga formal maupun lembaga non formal, setiap pengajar yang berada di dalam lembaga-lembaga tersebut memiliki strategi pembelajaran yang berbeda-beda dalam mendidik para peserta didiknya. Lembaga formal dan non formal yang peneliti gunakan sebagai tempat penelitian adalah Sekolah Dasar dan LBB (Lembaga Bimbingan Belajar). Penelitiaan ini bertujuan untuk membandingkan implementasi strategi pembelajaran matematika di sekolah dasar dan LBB (Lembaga Bimbingan Belajar). Selain itu, untuk mengetahui guru dan tentor dalam mempersiapkan strategi pembelajaran, ada beberapa komponen yang sangat penting dalam mendukung proses berjalannya pembelajaran tersebut, di antaranya : (1) strategi pengorganisasian isi, (2) strategi penyampaian isi, dan (3) strategi pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar wawancara. Objek dalam penelitian ini adalah guru dan tentor kelas V di SDN Sumbersari 3 Malang, SDN Karangbesuki 2 Malang, dan LBB Masterprima Malang. Berdasarkan hasil dari analisis data dapat diperoleh bahwa strategi pembelajaran matematika yang digunakan pada masing-masing lembaga, baik SD maupun LBB berbeda. Pada strategi pengorganisasian isi pembelajaran matematika di SD menggunakan silabus dan RPP, sedangkan pada LBB menggunakan modul yang mengacu pada kompetensi dasar pada RPP, dengan penambahan materi dan konsep yang tidak di ajarkan di sekolah dasar. Pada strategi penyampaian isi pembelajaran matematika di SDN Sumbersari 3 Malang dan SDN Karangbesuki 2 Malang menggunakan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan model pembelajaran tanya jawab dan ekspositori, sedangkan pada LBB Masterprima Malang menggunakan model pembelajaran smart solution dan dryll. Pada Strategi pemecahan masalah di SDN Sumbersari 3 Malang dengan memberikan latihan soal dengan bimbingan guru, sedangkan pada SDN Karangbesuki 2 Malang menggunakan metode tutorial sebaya, dan pada LBB Masterprima tentor menjelaskan materi pelajaran dengan memperkuat pemahaman konsep dasar. Setelah siswa mulai memahami konsep dasar, tentor mengulang kembali trik cepat dalam mengerjakan soal-soal latihan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 11 May 2016 09:50
Last Modified: 11 May 2016 09:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29663

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo