UMM Institutional Repository

Penerapan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy) Pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar Kelas VIII Semester I di MTs Muhammadiyah I Malang.

RISFANDI, (2012) Penerapan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy) Pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar Kelas VIII Semester I di MTs Muhammadiyah I Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--risfandi07-28113-1-pendahul-n.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--risfandi07-28113-2-babi.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran yang diterapkan di MTs Muhammadiyah I Malang adalah metode konvensional dimana guru lebih mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif dan siswa kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran.Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy) karena dapat melatih siswa untuk saling bekerja sama, saling bertanggung jawab serta melatih siswa untuk memahami materi melalui diskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy) melalui pengamatan terhadap aktivitas guru dan aktivitas siswa.Selain itu, untuk mengetahui hasil belajar yang diperoleh siswa setelah dilaksanakan tes pada materi bentuk aljabar.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif. Penelitian yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juli – 25 juli 2011 ini hanya memilih satu kelas sebagai subyek penelitian yaitu kelas VIII B sebanyak 25 siswa yang ada di MTs Muhammadiyah I Malang. Berdasarkan hasil analisis aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy), selama tiga kali pertemuan proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik yaitu dengan melihat persentase aktivitas guru mencapai 81,41% dan persentase aktivitas siswamencapai 75,74%. Hasil belajar yang diperoleh siswa setelah dilaksanakan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualy) sebanyak 23 siswa skornya telah mencapai ketuntasan individu, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 3 siswa. Hasil belajar secara klasikal telah mencapai standar ketuntasan klasikal yang ditetapkan oleh Depdiknas karena banyak siswa yang tuntas secara klasikal mencapai 86,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 11 May 2016 09:48
Last Modified: 11 May 2016 09:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29662

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo