UMM Institutional Repository

PENERAPAN TEKNIK PROBING-PROMPTING MELALUI PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS DAN PRESTASI SISWA KELAS VIID DI SMP NEGERI 2 MOJOSARI TERHADAP BELAJAR MATEMATIKA

SAPUTRI, RENITA MEGA (2012) PENERAPAN TEKNIK PROBING-PROMPTING MELALUI PENDEKATAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN MINAT, AKTIVITAS DAN PRESTASI SISWA KELAS VIID DI SMP NEGERI 2 MOJOSARI TERHADAP BELAJAR MATEMATIKA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--renitamega-28316-2-babi.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--renitamega-28316-1-pendahul-n.pdf

Download (746kB) | Preview

Abstract

Menurut data yang diperoleh dari SMP Negeri 2 Mojosari, nilai rata-rata ulangan 57,66 padahal dalam pembelajaran matematika dikatakan tuntas di sekolah tersebut jika nilai rata–rata mencapai 70, sedangkan ketuntasan belajar di kelas VII – D baru mencapai 47%. Berdasarkan hasil observasi, dikelas terlihat bahwa guru yang lebih aktif. Hal ini terlihat dari adanya siswa yang kurang memperhatikan materi yang tengah diajarkan oleh guru. Hal tersebut harus segera dihilangkan dari diri siswa, karena jika mereka takut melakukan sesuatu maka minat dalam belajar juga tidak akan tumbuh dan menurunnya prestasi belajar siswa. Berdasarkan hasil pengamatan diatas, maka pengamat mencoba menerapkan Teknik Probing-Prompting melalui pendekatan Metakognitif untuk meningkatkan minat dan prestasi siswa dalam belajar matematika. Pelaksanaan pembelajaran teknik Probing-Prompting melalui pendekatan metaakognitif ini melalui dua tahapan, yaitu Siklus I dan Siklus II. Dalam penelitian ini, yang di amati adalah minat siswa, aktivitas siswa, dan prestasi siswa yang dilihat dari hasil belajar siswa. Dari penelitian di dapatkan minat siswa dalam pelajaran matematika sudah meningkat, persentase aktivitas siswa pada siklus I dan II mengalami peningkatan secara berturut turut dari 87% dan 95 %. Selain itu nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan dari 71% menjadi 81% dan jumlah siswa yang tidak tuntas menurun dari 10 siswa menjadi 4. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan teknik Probing-Prompting melalui pendekatan metakognitif berhasil. Hal ini terlihat dari meningkatnya minat, aktivitas siswa, dan prestasi siswa. Untuk itu, guru harus lebih bisa memotivasi siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Mathematics Education (84202)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 11 May 2016 09:01
Last Modified: 11 May 2016 09:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29660

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo