UMM Institutional Repository

ANALISIS YURIDIS KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA MENURUT HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (Studi Perbandingan terhadap Kekerasan Dalam Rumah Tangga dalam Kajian Hukum Positif dan Hukum Islam di Indonesia)

AMRI, ULIL (2012) ANALISIS YURIDIS KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA MENURUT HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (Studi Perbandingan terhadap Kekerasan Dalam Rumah Tangga dalam Kajian Hukum Positif dan Hukum Islam di Indonesia). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ulilamri07-28816-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ulilamri07-28816-2-babi.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : Hj. Komariah, SH. M.Si. M.Hum Dra. Sungkanah, S.H,M.Hum. Ketidakadilan, kezaliman, dan penindasan dalam kehidupan umat manusia yang bersifat universal, dapat dilakukan oleh siapa saja baik laki-laki maupun perempuan. Kekerasan itu terjadi ketika seseorang bertindak dengan cara-cara yang tidak patut dan menggunakan kekuatan fisik yang melanggar hukum dan melukai diri sendiri, dan lingkungannya. Tindak kekerasan merupakan manifestasi dari jiwa dan hati yang kacau karena terganggu. Dalam pengaruh seperti itu, individu benar-benar dipengaruhi oleh nafsu dan hanya memikirkan pada dirinya sendiri. Ia tidak memikirkan keselamatan atau kesejahteraan orang lain. Keadilan baginya kemudian hanya mendapat apa yang diinginkan, walaupun itu berarti kekacauan atau disteruksi bagi pemilihan atau kehidupan. Berbuat bijak penuh pertimbangan dan sabar merupakan perilaku yang jauh darinya pada saat itu. Persoalan sekarang adalah seberapa jauh seseorang mentaati dan memahami ajaran agamanya sehingga dia bisa menghindarkan diri dari berbuat kekerasan terhadap anggota keluarganya. Didalam penjelasan konsideran UU No. 23 tahun 2004 tentang penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga ( KDRT ) menyatakan bahwa ”setiap orang dalam ruang lingkup rumah tangga dalam melaksanakan hak dan kewajibannya, harus didasari oleh agama, hal ini perlu terus dikembangkan dalam rangka membangun keutuhan rumah tangga”. Teks-teks keagamaan merupakan landasan teologis bagi seluruh tatanan kehidupan umum, manusia dimanapun dan kapanpun. Dalam ajaran Islam keharusan menegakan kemasalahatan dan menolak kerusakan didasarkan atas hukum-hukum Tuhan. Al-Qur’an menyatakan dengan jelas bahwa hukum hanyalah wewenang Allah. Dialah Allah yang menyatakan kebenaran (Al-Hak) dan dialah sebaik-baik yang memutuskan. Hukum-hukum yang dibuat manusia hanya dapat dibenarkan sepanjang sesuai dengan hukum Tuhan tersebut. menurut pandangan hukum Islam harus dihindari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 May 2016 06:35
Last Modified: 11 May 2016 06:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29635

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo