UMM Institutional Repository

TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS PELAKSANAAN TANGGUNGJAWAB KEPOLISIAN MENURUT PASAL 200 AYAT (3) HURUF C UNDANGUNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DI KOTA MALANG (Studi di Wilayah Hukum Kota Malang)

FERAYANTI, NOVITA ARINDA (2012) TINJAUAN YURIDIS SOSIOLOGIS PELAKSANAAN TANGGUNGJAWAB KEPOLISIAN MENURUT PASAL 200 AYAT (3) HURUF C UNDANGUNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN DI KOTA MALANG (Studi di Wilayah Hukum Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novitaarin-29157-1-pendahul-n.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-novitaarin-29157-2-babi.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

Pembimbing : 1. Catur Wido Haruni., SH., M. Si., M. Hum 2. Dr. Surya Anoraga, SH., M. Hum Lalu lintas dan angkutan jalan adalah gerak/ perpindahan dan/ atau barang dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan kendaraan di ruang lalu lintas jalan. Dari aktivitas lalu lintas ini banyak menimbulkan permasalahan yang pelik, seperti kemacetan dan kecelakaan yang diakibatkan dari pelanggaran lalu lintas. Dalam kaitannya dengan hal ini, Kepolisian Republik Indonesia khususnya Polisi Lalu Lintas mempunyai tanggungjawab untuk melaksanakan ketentuan Pasal 200 ayat (3) huruf c Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. Penelitian ini mengambil rumusan masalah : 1. Pelaksanaan tanggungjawab Kepolisian Lalu Lintas menurut Pasal 200 ayat (3) Huruf c Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 2. Kendala-kendala atas pelaksanaan tanggungjawab tersebut. 3. Upaya-upaya yang dilakukan untuk menghadapi kendala-kendala. Penelitian ini dalam mengkaji permasalahan menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh secara langsung melalui wawancara dengan anggota satlantas Polresta Malang serta para siswa SMA/ sederajat dan mahasiswa dan dianilisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tanggungjawab Satuan Polisi Lalu Lintas Kota Malang adalah : dalam hal pendidikan lalu lintas sudah berjalan, namun dirasa masih ada kekurangan. Untuk hal pelatihan dan pembimbingan lalu lintas tidak berjalan berjalan secara efektif. Sedangkan dalam hal penyuluhan lalu lintas fakta menunjukkan belum dijalankan baik oleh satlantas dan dalam hal penerangan lalu lintas telah berjalan baik. Kendala-kendala yang ada adalah : rendahnya kesadaran masyarakat dalam hal ini para siswa SMA/ sederajat dan mahasiswa untuk mengikuti pendidikan lalu lintas secara umum dengan sebaik-sebaiknya dan terbatasnya sarana transportasi yang dimiliki satlantas. Upaya yang dilakukan : memberikan sosilalisasi yang lebih giat lagi serta mengupayakan penambahan sarana trasportasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 May 2016 06:15
Last Modified: 11 May 2016 06:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29625

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo