UMM Institutional Repository

PENGARUH IKLAN GSM AXIS VERSI "MAKANYA PAKAI AXIS" TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN KARTU SELULER (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2006)

PRADANA, ANDIKA (2011) PENGARUH IKLAN GSM AXIS VERSI "MAKANYA PAKAI AXIS" TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN KARTU SELULER (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2006). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-andikaprad-22068-PENDAHUL-N.pdf

Download (905kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-andikaprad-22068-BAB+I.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Iklan adalah berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Untuk menciptakan image produk kepada konsumen terhadap suatu merk bukanlah persoalan yang mudah untuk dilakukan terlebih lagi di era globalisasi saat ini. Banyak perusahaan penyedia jasa layanan seluler yang berlomba-lomba mempromosikan produknya dengan slogan dan tema iklan yang menarik. Hal ini tentunya merupakan daya tarik tersendiri bagi suatu iklan produk untuk meyakinkan konsumen agar tidak ragu-ragu untuk membeli produk tersebut. Banyaknya pilihan sesuai dengan persepsi konsumen terhadap merek - merek tertentu yang menjadi favoritnya. Terpaan iklan merupakan suatu proses dimana terjadi respon kognitif atau pemikiran ketika mereka membaca, melihat atau mendengar komunikasi tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, Action). Teori AIDDA merupakan suatu proses psikologi pada diri audience. Berdasarkan formula AIDDA ini, komunikasi persuasif didahului dengan upaya membangkitkan perhatian audience, kemudian muncullah minat dan keinginan untuk mencoba produk yang ditawarkan. Setelah itu, audience mengambil keputusan untuk menyukai atau membenci iklan tersebut, dan pada tahap akhir teori ini tercerminlah tindakan audience untuk menggunakan produk tersebut. Dari pemikiran tersebut, peneliti merumuskan rumusan penelitian ini, yaitu: (1) Adakah pengaruh terpaan iklan GSM AXIS versi "Makanya pakai AXIS" terhadap pengguna jaringan seluler bagi mahasiswa? (2) bila ada, seberapa besarkan pengaruhnya? Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatif (explanatory research), yaitu penelitian untuk menguji hubungan antara variabel yang dihipotesiskan dengan pendekatan kuantitatif, yang menekankan pada analisis data dan angka. Objek penelitian pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2006. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah sebanyak 177 mahasiswa yang diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling, yaitu menarik anggota sampel populasi secara acak. Kemudian peneiliti menyebarkan kuisioner sebagai alat pengumpul data primer. Setelah melalui proses penelitian, kuisioner tersebut diuji tingkat validitasnya dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dan uji reliabilitasnya dengan teknik Alpha. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis regresi untuk menguji ada tidaknya pengaruh antara terpaan iklan GSM AXIS versi "Makanya pakai AXIS" terhadap keputusan menggunakan kartu seluler. Dan analisis koefisien determinasi untuk memprediksi besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh perhitungan nilai koefisien korelasi sebesar 0,516, yang berarti terdapat hubungan antara variabel bebas yaitu terpaan iklan GSM AXIS versi "Makanya pakai AXIS" dengan variabel terikat keputusan menggunakan kartu seluler. Berdasarkan uji t atau uji signifikansi, dengan t hitung sebesar 7,970 dan t tabel 5% sebesar 1,96. Karena t hitung lebih besar dari t tabel, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan keofisien determinasi, diperoleh nilai r2 sebesar 0,266 atau 26,6%, yang artinya 26,6% keputusan menggunakan kartu seluler AXIS disebabkan oleh terpaan iklan GSM AXIS, sedang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 11 May 2016 04:28
Last Modified: 11 May 2016 04:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29621

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo